Senin, Oktober 25, 2021

Bukit Jamur Ciwidey, Wisata Alam yang Memikat Sejauh Mata Memandang

Bukit Jamur Ciwidey merupakan wisata alam yang menyejukkan dan terbilang unik. Wisata alam ini dulunya belum banyak diketahui. Persis seperti surga tersembunyi. Namun, sekarang objek wisata alam ini menjadi hits diberbagai kalangan karena pesonanya yang memikat sejauh mata memandang.

Bukit Jamur Ciwidey Bandung ini berada di dataran tinggi dan berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha. Itulah sebabnya objek wisata ini memiliki udara dingin menyejukkan. Pengunjung biasanya membawa jaket atau syal untuk menghangatkan tubuh. Yang unik dari wisata ini adalah bentuk dari pepohonan yang menghiasinya.

Baca juga:

Penasaran seperti apa unik dan indahnya Bukit Jamur Ciwidey? Lalu, apakah terdapat banyak jamur seperti nama tempatnya?  Mari simak penjelasannya berikut ini.

Daya Tarik Bukit Jamur Ciwidey

Objek wisata ini tidak serta merta dinamakan Bukit “Jamur” begitu saja. Alasan dibalik penanaman tersebut karena bentuk dari pohon-pohon cemaranya yang mirip jamur. Bukan karena bukitnya yang ditumbuhi jamur, tetapi karena semua pohonnya persis satu sama lain menyerupai jamur dan berjejer rapi. Pemandangan ini membuat pengunjung seperti berada di dunia kartun.

Hijaunya pepohonan dan bentuknya yang unik itulah yang menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Ketika berkunjung, Anda akan melihat betapa luasnya bumi yang kita pijak. Menikmati hijaunya alam dan menghirup bersihnya oksigen dengan sejuknya udara akan memanjakan setiap wisatawan.

Wisata Bukit Jamur Ciwidey juga memiliki jembatan mini dan sky bridge. Ini membuat setiap pengunjung bisa melihat indahnya bukit dari ketinggian. Wisatawan juga bisa mampir ke objek wisata terdekat yang tak kalah menarik. Seperti Legok Kondang Lodge, Green Hill Park, dan Barusen Hills, Situ Patenggang, Taman Kelinci, Dan Emte Highland Resort.

Spot Foto Menarik

Bagi wisatawan, berswafoto adalah suatu kewajiban. Jangan khawatir, karena di Bukit Jamur Anda akan menemukan banyak spot foto menarik. Seperti spot dengan background pohon cemara yang bergerombol. Ada juga sky bridge, jembatan dengan payung hias di atasnya, juga kebun teh yang luasnya membuat betah berlama-lama di sana.

Wisatawan juga akan menemukan rumah klasik bergaya Belanda dengan cerobong asap yang cocok dijadikan spot foto. Wisatawan juga bisa menyewa fotografer yang telah disediakan. Jadi, tidak perlu repot membawa kamera untuk menghasilkan foto yang keren dan instagramable.

Objek wisata ini juga sering dijadikan tempat untuk prewedding. Keunikan dan pesona keindahannya alamnya memang patut diacungi jempol.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Bukit Jamur Ciwidey ini memiliki fasilitas yang memadai. Ada gazebo untuk wisatawan yang ingin rehat. Kafe untuk mengisi perut setelah berkeliling menikmati alam. Mushola, toilet, dan tempat parkir juga telah tersedia.

Anda juga akan menemukan tempat duduk disetiap sudut. Biasanya sering dijadikan spot foto juga lho. Pengunjung juga bisa berpetualang sambil mengayuh sepeda. Adapun jam operasionalnya dimulai pukul 07.00 dan tutup hingga pukul 18.00 WIB.

Lokasi

Lokasi Bukit Jamur Ciwidey berada di Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972. Jarak tempuh dari pusat Kota Bandung adalah 48 km. Sekitar 1 jam 48 menit waktu tempuhnya. Jika dari alun-alun Ciwidey, jaraknya janya 19 km dengan jarak tempuh sekitar 43 menit.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan objek wisata ini, wisatawan dikenakan biaya Rp12.000 per orang. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp2.000. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp5.000. Untuk pengunjung yang ingin melakukan prewedding harus menyiapkan biaya sebesar Rp500.000.

Untuk Anda yang ingin melepas penat sekaligus menikmati alam, Anda wajib mengunjungi Bukit Jamur Ciwidey ini. Pemandangan membuat takjub sejauh mata memandang. Untuk piknik keluarga disaat liburan pun patut dicoba. Namun, tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU