Minggu, Oktober 17, 2021

Membersihkan Keyboard Laptop Jadi Mudah, Berikut Panduannya

Membersihkan keyboard laptop merupakan salah satu cara menerapkan kebiasaan hidup bersih, karena selain debu yang menempel, kuman dan bakteri mungkin bersarang di sana. Semakin laptop terlihat kotor, terkadang mengerjakan tugas jadi tidak semangat. Agar kamu dapat bekerja dengan nyaman, berikut ini tips agar keyboard laptop tetap bersih. 

Matikan Laptop Terlebih Dulu

Sebelum mulai membersihkan keyboard laptop, matikan daya terlebih dulu. Tujuannya agar tidak terjadi korslet selama proses pembersihan. Jika sedang melakukan charging, sebaiknya cabut dulu kabelnya dari laptop. 

Balikkan Keyboard dan Tekan-Tekan Tombolnya

Baca juga:

Balikkan keyboard laptop ke bawah, tekan-tekan seolah kamu sedang mengetik. Cara ini bertujuan agar kotoran dari dalam rongga keyboard bisa keluar dengan mudah. Sebaiknya lakukan ini di luar ruangan ya, agar kotoran yang keluar dari keyboard tidak mengotori lantai. 

Kuas Make Up yang Tak Terpakai

Jika kamu memiliki kuas make up yang sudah tidak terpakai, manfaatkan itu untuk menyapu debu di sela-sela keyboard laptop. Kuas make up yang sudah tidak layak pakai memiliki ciri bulu yang mulai rontok atau sudah tidak sehalus saat pertama beli. Cara ini juga bisa kamu lakukan pada keyboard komputer.

Vacuum Cleaner Tekanan Rendah

Gunakan vacuum cleaner ukuran kecil untuk menyedot debu dari dalam keyboard laptop. Hindari vacuum cleaner dengan tekanan tinggi karena bisa mengganggu fungsi keyboard. Pastikan kamu sudah membersihkan keyboard laptop hingga tuntas ya sebelum masuk ke cara terakhir. 

Gunakan Hair Dryer

Menggunakan hair dryer bertujuan untuk meniup debu-debu yang masih menempel. Sebaiknya gunakan hair dryer sebagai langkah terakhir ketika keyboard laptop sudah benar-benar. Jika masih ada kotoran tersisa, angin dari hair dryer hanya akan membuat debu semakin masuk ke dalam keyboard. 

Itulah cara mudah membersihkan keyboard laptop dan bisa kamu praktekkan di rumah. Memastikan laptop tetap bersih tak hanya membuat kamu nyaman bekerja, tapi juga menjaganya agar lebih awet. Dengan kondisi laptop yang bersih dari debu, kamu pun akan menjadi lebih semangat dan menyelesaikan tugas lebih cepat.(Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU