Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Terapkan Cara Mendidik Anak Seperti Ini di Era Digital

Mendidik anak di zaman sekarang terasa lebih sulit dibandingkan dengan zaman dulu. Kondisi ini tidak terlepas dari faktor kecanggihan teknologi yang berkembang pesat sehingga memudahkan berbagai akses informasi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada cara mendidik anak yang lebih intens.

Meski memberikan banyak manfaat, orang tua harus berperan untuk membentengi anak dari bahaya pengaruh buruk teknologi di era digital seperti sekarang. Kehadiran orang tua diharapkan mampu mendampingi dan juga mengawasi apa saja yang anak lakukan dengan gadget mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Yuk Simak

Pendidikan agama sejak dini

Upaya pertama yang paling penting dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan agama kepada sang anak. Nilai-nilai agama yang diajarkan berfungsi untuk membentengi diri dari perilaku dan pengaruh buruk lingkungan di sekitarnya.

Ajarkan anak untuk terlebih dahulu mengenal siapa Tuhannya. Dengan begitu ia akan tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur dan memiliki kepribadian yang baik. Oleh karena itu, orang tua wajib memiliki pengetahuan agama yang luas sehingga bisa mengajarkan langsung kepada anak.

Komunikasi dua arah

Cara mendidik anak di era digital bisa dilakukan dengan komunikasi dua arah. Artinya orang tua tidak boleh hanya sekedar melarang atau memberi instruksi pada anak, akan tetapi juga ikut mendengar dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang di hadapi oleh sang anak.

Berilah penjelasan tentang apa saja yang belum pantas ia lakukan, misalnya larangan tentang menonton konten orang dewasa atau penjeasan mengenai aturan menggunakan gadget agar tidak lupa waktu.

Jadilah orang tua yang mampu menjadi sahabat bagi anaknya. Upaya seperti ini bisa menghindarkan sang anak dari pengaruh buruk gadget dan juga pergaulan yang salah.

Beri contoh yang baik

Anak adalah peniru ulung. Untuk itu berilah contoh yang baik agar anak juga bisa memberikan feedback yang positif.

Jika kamu melarang anak untuk main gadget dalam waktu yang lama, kamu juga harus memberikan contoh dengan tidak menggunakan gadget selama berjam-jam. Berilah anak perhatian dengan meluangkan banyak waktu bersamanya.

Monitor aktivitas anak

Batasi waktu anak untuk bermain gadget. Buatlah kesepakatan dengannya tentang pembagian waktu selama sehari. Kapan ia boleh bermain gadget dan berapa lama ia bisa memakainya.

Selain itu jelaskan kepadanya perihal konten apa saja yang boleh dan tidak boleh ia lihat. Jangan lupa ubah pengaturan pada gadget agar anak tidak bisa nelihat konten orang dewasa.

Manfaatkan teknologi dengan maksimal

Cara mendidik anak juga bisa dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini berguna untuk mengembangkan bakat yang ada pada diri anak.

Jika ia suka berkebun, maka carilah konten yang menambah wawasan dia tentang tata cara berkebun. Begitu pula jika ia senang memasak, menari ataupun menggambar. Banyak video tutorial yang bisa anak tiru sehingga bakatnya terus terasah. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU