Selasa, Juli 16, 2024

5 Jenis Salat Sunah Lengkap dengan Manfaatnya Masing-masing

Jenis salat sunah memang beragam. Gak hanya memiliki perbedaan nama, salat sunah juga memiliki manfaat dan keutamaannya masing-masing. Meski tidak diwajibkan, salat sunah sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh para muslimin dan muslimat. Mengerjakan salat sunah adalah salah satu bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

Seperti yang kita tahu, hukum sunah yaitu apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Sebagai seorang muslim yang beriman, apabila kamu cukup waktu dan tenaga untuk melaksanakan amalan sunah maka laksanakan lah. Salah satu amalan sunah yang paling dianjurkan yaitu salat sunnah.

Bagi seseorang yang dapat melaksanakan salat sunah dengan rutin maka hidupnya akan menjadi lebih tenang dan tentram. Mereka akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Tak hanya itu, Allah bahkan menjadikan salat sunah sebagai jalan bagi orang yang ingin meraih sesuatu.

Jenis Salat Sunah dan Manfaatnya

Berikut beberapa jenis solat sunah beserta manfaatnya masing-masing.

Salat rawatib

Jenis salat sunah yang pertama yaitu salat rawatib. Merupakan salat sunah yang mengiringi salat wajib. Salat rawatib dikerjakan sebelum atau sesudah melaksanakan salat wajib.

Salat sunah rawatib memiliki jumlah total 12 rakaat. Jumlah total rakaat tersebut terbagi menjadi dua rakaat sebelum salat subuh, dua atau empat rakaat sebelum salat zuhur, dua rakaat setelah salat zuhur, dua rakaat setelah salat magrib, dan dua rakaat setelah salat isya. Nabi Muhammad saw. bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa sehari semalam mengerjakan salat 12 rakaat (sunah eawatib), akan dibangunkan baginya rumah di surga, yaitu 4 rakaat sebelum zuhur, 2 rakaat setelah zuhur, 2 rakaat setelah magrib, 2 rakaat setelah isya, dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. Tirmidzi)

Salat duha

Salat duha menjadi salah satu salat sunah yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Atau ini dikenal dapat membantu melancarkan rezeki. Namun manfaat salat duha yang sebenarnya tak hanya sampai di situ saja. Salat duha memiliki manfaat yang lain seperti upaya untuk melakukan sedekah tubuh, mendapatkan ampunan, membuat jiwa dan pikiran menjadi tenang, dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Salat tahajud

Jenis salat sunah yang berikutnya yaitu salat tahajud. Salah ini dilakukan pada malam hari setelah tidur. Waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan salat tahajud ialah di sepertiga malam.

Salat tahajud dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang, mempertebal keimanan, dan melatih kesabaran. Salat tahajud juga dapat mempermudah segala urusanmu baik itu di dunia maupun di akhirat. Oleh sebab itulah, tak heran jika salat tahajud sering disarankan untuk mereka yang sedang berusaha.

Salat istikharah

Salat istikharah juga termasuk kedalam qiyamul lail karena dikerjakan pada malam hari. Dilakukan untuk meminta petunjuk dari Allah SWT. Petunjuk ini bisa Allah berikan dalam bentuk mimpi sehingga dapat membuat seseorang yakin atas pilihannya.

Salat witir

Jenis salat sunah yang terakhir yaitu salat witir. Salat witir juga memiliki manfaat yang sama dengan salat tahajud yaitu dapat mengabulkan doa. Perbedaannya yaitu terletak pada waktu pelaksanaannya. Waktu yang tepat untuk melaksanakan salat witir adalah sebelum tidur.

Itulah beberapa jenis salat sunah yang bisa kamu lakukan untuk dapat ketentraman dalam hidup. Amalkanlah salat sunah di atas secara rutin maka kamu akan merasakan manfaatnya. (Ume/Djavatoday)

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengawali Semester Baru

Mengawali semester baru merupakan tahap awal yang harus kamu siapkan dengan matang supaya pembelajaranmu lebih terarah. Saat menikmati libur semester yang cukup lama, cobalah...

Gelar Karya P5 SDN 4 Kertasari Ciamis, Tumbuhkan Kompetensi Peserta Didik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 4 Kertasari, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di lapangan upacara sekolah, Selasa (25/6/2024). Dalam gelar...

5 Keunggulan Perguruan Tinggi Swasta, Tak Kalah Saing dengan Universitas Negeri

Keunggulan perguruan tinggi swasta juga bisa menjadi daya tariknya tersendiri. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya saat ini banyak universitas swasta yang berkualitas bagus....

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya