Minggu, Mei 26, 2024

Tips Agar Kuat Berpuasa Meski Kerja Seharian

Tips agar kuat berpuasa ini penting banget buat kita ketahui agar ibadah puasa kita semakin lancar. Apalagi buat Sobat Djava yang bekerja seharian penuh. Rasa penat pasti menjadi salah satu tantangan terbesar dalam berpuasa. Oleh karena itulah kita perlu menguatkan iman dan menerapkan tips agar kuat berpuasa yang sudah kita rangkum dalam artikel berikut.

Tips Agar Kuat Berpuasa

Tips agar kuat berpuasa akan menjadikan kita semua lebih nyaman dalam menjalankan salah satu kewajiban umat islam ini. Lantas apa saja sih tipsnya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Jangan tinggalkan sahur

Tips agar kuat berpuasa yang pertama adalah dengan memenuhi asupan makanan ketika sahur. Sahur menjadi salah satu agenda yang gak boleh kamu lewatkan ketika hendak berpuasa. Dengan melaksanakan sahur maka tubuh kamu akan lebih mampu menahan lapar sampai magrib.

Selain manfaat kesehatan, sahur juga ternyata berpahala, lho. Bulan Ramadan memang bulan penuh pahala. Hampir semua hal yang kita kerjakan dapat menjadi amal ibadah bagi kita. Kamu dianjurkan mengakhiri sahur.

Minum air putih yang cukup

Air putih merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh. Jika tubuh kamu kekurangan cairan maka kamu akan lebih cepat lemas. Jadi pastikan konsumsi air putihmu cukup, ya.

Di hari biasa kita dianjurkan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari. Khusus di bulan Ramadan kamu bisa menerapkan strategi agar puasamu lancar namun kebutuhan mineral tubuh pun tetap terpenuhi. Kamu bisa minum empat gelas sebelum sahur dan empat gelas setelah sahur.

Makan makanan yang kaya akan serat

Tips agar kuat berpuasa selanjutnya adalah dengan memerhatikan asupan makanan. Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi agar kadar gula dalam tubuhmu stabil.

Kadar gula yang stabil inilah yang akan membantu metabolisme tubuh Sobat Djava lebih kuat. Dengan begitu maka kamu akan merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan yang kaya akan serat adalah jagung, beras merah, tomat, alpukat, kacang-kacangan, dan banyak lagi.

Tidur yang cukup

Setelah seharian bekerja pastikan tubuh kamu tetap memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan sampai tubuhmu kehilangan waktu istirahat yang berkualitas karena hal tersebut akan membuatmu semakin lelah.

Karena kamu harus bangun untuk melaksanakan sahur maka sebaiknya tidurlah di bawah jam 11 malam. Hindari begadang untuk hal yang tidak perlu. Istirahatkan otak dan pikiranmu agar kesehatanmu tetap terjaga.

Atur aktivitas

Tips agar kuat berpuasa yang terakhir adalah dengan mengontrol kegiatanmu. Segala kegiatan di luar pekerjaan yang dirasa tidak ada gunanya lebih baik segera tinggalkan. Kamu sudah lelah seharian bekerja maka jangan biarkan ada hal lain yang membuat bebanmu bertambah.

Saat libur kerja atau di waktu weekend kamu bisa memanfaatkannya untuk beristirahat total. Jika kamu tetap ingin produktif maka pastikan kegiatanmu tidak terlalu berat. Bijaklah dalam beraktivitas agar tubuhmu tetap bugar meski dalam keadaan berpuasa.

Tips agar kuat berpuasa di atas juga harus kamu barengi dengan niat yang ikhlas ya, Sobat Djava. Kamu harus bisa menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat agar hidupmu berkualitas. Semoga lancar dalam menjalankan puasa (Ume/Djavatoday).

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya