Selasa, April 9, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang yang Bisa Buat Kamu Lebih Bahagia

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Gaya hidup minimalis ala orang Jepang memang sangat populer di kalangan anak muda. Bagi mereka, slogan ‘less is more’ merupakan seni untuk menjalankan hidup.

Gaya hidup minimalis ini terinspirasi oleh ajaran Buddha, yang menekankan pentingnya kesederhanaan demi pikiran yang lebih tenang dan bahagia. Berikut gaya hidup minimalis ala orang Jepang yang bisa kamu tiru, antara lain :

Baca juga : Tips Rumah Terlihat Luas dengan Desain Kekinian

Tidak memiliki tempat tidur

Gaya hidup minimalis yang pertama adalah tidak memiliki tempat tidur berupa springbed ataupun tempat tidur yang terbuat dari kerangka kayu. Orang Jepang lebih memilih tidur di atas kasur bernama futon.

Kasur futon merupakan kasur tradisional Jepang yang mudah dilipat dan dirapikan. Selain bisa melestarikan warisan budaya nenek moyang, kasur futon juga dinilai lebih murah, efisien dan baik untuk kesehatan.

Punya pakaian secukupnya

Salah satu gaya hidup minimalis orang Jepang yang patut kita contoh yaitu memiliki pakaian secukupnya. Orang Jepang biasanya hanya memiliki beberapa pakaian sesuai kebutuhannya. Jadi tidak ada pakaian yang sama sekali tidak terpakai.

Ruangan hanya berisi meja dan kursi

Rumah orang Jepang biasanya tidak memiliki banyak perabotan. Ruangannya pun terkadang hanya berisi meja dan kursi, bahkan beberapa diantaranya hanya terisi meja dengan menggunakan bantal sebagai alas duduk.

Para penganut budaya minimalis memang mempunyai tujuan untuk menciptakan ruangan yang lebih luas dengan jumlah barang yang sedikit. Kondisi ruangan seperti ini juga bisa menghemat waktu untuk bersih-bersih.

Tidak memakai banyak alat makan

Orang Jepang memang menjunjung tinggi kesederhanaan. Kondisi ini bisa dilihat dari jumlah alat makan dan minum di rumah mereka. Jika di Indonesia, orang cenderung memiliki satu lusin piring, sendok dan gelas, orang Jepang hanya memiliki peralatan makan sesuai dengan jumlah anggota keluarganya saja.

Memiliki peralatan mandi minimalis

Orang Jepang juga memiliki peralatan mandi yang sederhana. Mereka cenderung tidak memiliki tempat sikat gigi khusus atau box untuk menaruh berbagai macam peralatan mandi.

Orang Jepang hanya menggunakan keperluan mandi sesuai kebutuhannya, jadi mereka tidak membutuhkan banyak ruang untuk menaruh barang yang tidak penting (Willy/Djavatoday)

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

4 Jenis Parfum Tubuh, Punya Tingkat Ketahanan Masing-masing

Jenis parfum tubuh rupanya ada banyak loh. Seringkali kita mengira semua parfum adalah sama. Padahal mereka memiliki karakternya masing-masing. Beda jenis parfum juga memengaruhi...

5 Jenis Zakat dalam Islam, Gak Hanya Zakat Fitrah!

Jenis zakat dalam Islam ini ada banyak, loh, dan sebagai umat muslim sudah seharusnya kita memahaminya. Dalam agama Islam, zakat adalah salah satu dari...

Jangan Sampai Keliru! Ini Dia Urutan Pemakaian Lip Care yang Benar

Pemakaian lip care tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab hasil yang diperoleh akan kurang optimal nantinya. Perlu kamu ketahui, bibir mudah sekali mengalami pecah-pecah, mengelupas,...

Terpopuler

Lainnya