Rabu, Juni 19, 2024

Challenge Bulan Ramadhan, 30 Hari Membawa Keberkahan

Challenge bulan Ramadhan mengajak kamu mewujudkan pribadi yang lebih berkembang dengan melakukan kebaikan-kebaikan di bulan pernah berkah ini. Kini Ramadhan telah tiba, sudah saatnya kita menyambut dan menjalani rutinitas-rutinitas baru agar ibadah lebih maksimal. Konsisten terhadap suatu kebaikan yang acap kali dilakukan memanglah perkara yang baik, namun jauh lebih bagus apabila kebaikan itu kian ditingkatkan.

Challenge bulan Ramadhan ini bisa kamu lakukan untuk mengawali kebiasaan baru yang bermanfaat sebagai tabungan pahala untuk akhiratmu kelak. Anggaplah tantangan ini semacam tugas yang harus diselesaikan dengan tenggat waktu yang telah ditentukan, dengan begitu kamu akan tergerak untuk menuntaskannya.

Challenge Bulan Ramadhan, 30 Hari Membawa Keberkahan

Dengan memperbaiki iman, hati kita akan jauh lebih tenang. Mari membuat kesepakatan dengan diri sendiri untuk melakukan challenge agar Ramadhan tahun ini terasa lebih istimewa dan penuh makna.

Sudah siap menjalaninya? Ini dia beberapa challenge bulan Ramadhan yang bisa kamu ikuti!

Salat tahajud

Biasanya mata ini sulit diajak kerja sama saat didamba-damba bisa terbuka pada dini hari. Di bulan Ramadhan, kita akan berpuasa dan mengawalinya dengan niat pada malam hari lalu bangun dini hari untuk makan sahur. Hal ini dilakukan supaya kita kuat menjalani puasa dari waktu imsak hingga azan magrib. Waktu sahur menjadi kesempatan untuk kamu menunaikan salat tahajud. Manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya, entah yang diwajibkan maupun yang disunahkan Allah SWT. 

Mandi subuh

Challenge bulan Ramadhan yang satu ini mungkin sudah menjadi hal biasa bagi beberapa orang. Namun sebagian orang justru kebalikannya. Rasanya malas untuk mandi pagi-pagi, apalagi jika tidak memiliki jadwal ke mana-mana. Walaupun seharian di rumah, kamu tetap harus mandi supaya tubuh terasa segar dan semangat menjalani puasa. Mandi sebelum menunaikan salat subuh merupakan sebuah awalan yang baik, maka cobalah untuk membiasakan diri.

Tidak tidur setelah sahur

Jangan lupa langsung gosok gigi usai sahur, lepas itu mandi dan persiapan salat subuh. Sambil menunggu azan, jangan biasakan diri untuk tidur. Kamu bisa menonton acara televisi yang menyajikan pesan tersirat terkait bulan Ramadhan. Ada banyak program-program yang bisa kamu tonton, seperti ceramah, kultum, dan sebagainya. 

Satu hari satu Juz Al-Quran

Hattam Al-Quran dalam waktu sebulan adalah suatu kebanggaan yang didambakan oleh orang Islam. Untuk menyelesaikannya dalam waktu 30 hari, kamu harus membaca satu juz perharinya. Namun, janganlah terburu-buru, bacalah sesuai dengan panjang pendeknya.

Mengurangi penggunaan gadget

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selain bermain gadget. Seperti membaca Al-Quran, mengikuti kajian, atau menyiapkan makanan untuk berbuka. Lebih baik menghabiskan waktu untuk fokus beribadah daripada terus-terusan bermain gadget. Selain itu, pengaruh media sosial juga akan membawa pengaruh buruk jika tidak dikendalikan dengan baik.

Berbagi makanan kepada yang membutuhkan

Senantiasa berbuat baik dengan sedekah, misalnya memberi makanan kepada mereka yang berkekurangan. Berani melangkah dan tidak perlu takut jatuh. Selain mendapat pahala, rezekimu akan dilipatgandakan karena telah membantu orang-orang yang membutuhkan.

Demikian challenge bulan Ramadhan yang bisa kamu terapkan. Membuat 30 harimu penuh makna dengan sesuatu yang baru dan istimewa. Yuk, cobain challenge-nya! (Karin/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya