Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Menenangkan Bayi yang Menangis, Moms Harus Tahu!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bayi yang menangis bisa saja disebabkan oleh faktor lapar, haus, popok terasa penuh, mengantuk, atau suasana yang membuat ia merasa takut. Penting bagi Moms untuk mengetahui apa yang menyebabkan si kecil menangis, sebab mereka belum bisa mengungkapkan maksud dan kemauannya. Tidak perlu panik, hadapilah dengan sabar dan telaten, karena itu akan membuat bayi anda merasa lebih tenang.

Bayi yang menangis merupakan hal wajar di muka umum. Di usianya yang masih ganjil, bukan sesuatu yang mesti dipertanyakan lagi jika anak anda tiba-tiba rewel. Yuk, kenali cara-cara di bawah ini untuk memenangkan si kecil dari tangisannya.

Bayi yang Menangis Bisa Kamu Tenangkan dengan Melakukan Tips-tips Berikut!

Mendengar tangisan bayi mungkin akan membuat anda merasa khawatir sekaligus takut, apalagi sampai kewalahan karena tangisnya tak kunjung berhenti. Maka cobalah lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menenangkan bayi yang sedang menangis.

Digendong atau diayun-ayun

Pada saat berada di dalam kandungan, posisi bayi adalah meringkuk. Maka ketika si bayi tak henti-henti menangis, anda diperbolehkan menggendongnya di bahu dengan posisi telungkup untuk membuatnya merasa nyaman. Tips selanjutnya, anda bisa mengayun-ayun tubuh si kecil dengan pelan agar ia merasa tenang.

Berikan dekapan yang nyaman

Memeluk seseorang sekaligus mentransfer kekuatan ternyata bisa juga dilakukan terhadap bayi lho, Moms. Mereka akan jauh lebih tenang setelah anda memberinya pelukan. Apabila di waktu malam anak anda terbangun dari tidurnya sambil merengek, silakan memeluknya hingga ia berhenti menangis dan kembali tertidur. 

Biarkan bayi anda menyusu

Cobalah berikan ASI karena kemungkinan mengatakan bahwa anak anda tengah merasa lapar saat menangis. Hal yang harus dipentingkan adalah memerhatikan asupan si kecil, apakah sudah tercukupi atau belum. Perhatikan pula asupan kafein anda guna mencegah dampak buruk yang terjadi pada sang bayi telah disusui.

Bersenandung pelan

Bayi yang menangis bisa diatasi dengan cara mengantarkan lagu dengan suara dan ritme yang pelan. Bayi anda mungkin akan menyukai suara anda yang terdengar familiar. Coba lakukan hal ini untuk menstabilkan detak jantung si kecil. 

Mengusap-usap si kecil dengan lembut

Memberikan usapan adalah alternatif yang bisa anda lakukan untuk merangsang saraf si kecil. Mengusap punggungnya dengan lembut dapat memberikan sensasi nyaman sehingga tubuh merasa tenang. Anda juga bisa memijat pelan dengan menggunakan minyak yang telah terjamin keamanannya untuk bayi. Sensasi hangatnya membuat si kecil senang hingga ia menghentikan tangisannya.

Itulah beberapa cara menenangkan bayi yang sedang menangis. Selalu utamakan apa saja yang terjadi pada anak anda dan janganlah sesekali mengabaikannya. Mereka akan senantiasa membutuhkan perhatian dari kedua sosok orang tua yang tiada banding kasih sayangnya. (Karin/Djavatoday)

5 Ciri Teman Toxic yang Perlu Kamu Waspadai

Ciri teman toxic pada artikel kali ini bisa menjadi gambaran buat kamu yang sedang mengalami masalah dalam pertemanan. Sebab bisa jadi masalah tersebut terjadi...

Resep Ketupat Lebaran yang Empuk dan Nikmat

Resep ketupat lebaran ini siap memanjakan lidah sekaligus bikin perut kenyang supaya kamu tidak tampak lemas di hadapan para tamu yang akan datang. Makanan...

5 Tips Memilih Pasangan di Usia Dewasa, Jangan Asal Pilih!

Tips memilih pasangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Di usia dewasa tentunya kita menginginkan pasangan yang serius dan bisa diajak menua bersama. Memilih...

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

Terpopuler

Lainnya