Selasa, April 9, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar. Bulan Ramadhan biasa dijuluki sebagai bulan penuh berkah dengan banyaknya amanah yang dapat dipetik. Pasalnya, segala pahala akan dilipatgandakan.

Dengan berpuasa, kita dilatih untuk mengendalikan syahwat. Puasa juga menjadi salah satu bentuk syukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan. Bukan sekadar menahan lapar dan dahaga, diri ini juga dianjurkan untuk menjaga lisan dan perbuatan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan menjelang bulan suci penuh ampunan? Simak baik-baik penjelasannya.

Bulan Suci Ramadhan, Apa Saja yang Perlu disiapkan?

Mempersiapkan keteguhan hati secara matang sebagai seorang muslim yang baik dalam menyambut bulan suci Ramadhan, siapa yang mau rugi melewatkannya? Sebagai umat Islam, kita harus mematangkan beberapa hal supaya bisa beribadah dengan maksimal. Berikut merupakan hal-hal yang harus disiapkan pada saat menjelang bulan Ramadhan. 

Menstabilkan iman yang suka naik-turun

Bulan suci Ramadhan memang bukanlah satu-satunya waktu untuk memperbaiki diri. Siapa pun bisa melakukannya kapan pun, alias tidak mesti menunggu Ramadhan untuk menjadi individu yang berakhlakul karimah. Namun, berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan tentu akan mengantarkan kamu ke jalan yang tepat. Cobalah benahi segala hal yang masih perlu dibenahi. Seperti memastikan sholat fardhu tepat waktu, mengaji setelahnya, atau menyempatkan diri untuk menunaikan sesuatu yang disunahkan. 

Mengasah atau memperdalam ilmu agama

Mempelajari ilmu agama tidak hanya berguna selama Ramadhan, melainkan menguntungkan seumur hidup. Dengan ilmu yang diperoleh, kamu bisa mendapat beribu manfaat yang nikmatnya tiada dua. Kamu juga akan lebih tahu tentang anjuran dan larangan yang telah Allah tetapkan. Kamu bisa mempelajari ilmunya secara otodidak melalui sebuah buku atau datang ke majelis-majelis dan belajar langsung dengan para ulama-ulama di sana.

Melunasi utang puasa tahun lalu

Apabila Ramadhan tahun lalu puasa kamu tidak full alias ada yang batal karena kondisi tertentu seperti sakit, sedang melakukan perjalanan, datang bulan, ataupun hamil, maka kamu diwajibkan untuk membayarnya. Dan sangat dianjurkan untuk mengqadha utang puasamu sebelum bulan Ramadhan berikutnya tiba. 

Perbanyak sedekah

Di bulan Ramadhan, tak dapat dipungkiri jika sejumlah sembako mengalami kenaikan harga. Untuk mengatur dan menghadapi masalah ekonomi, percayalah bahwa sedekah dapat mengantarkan solusi. Janganlah pernah sesekali takut miskin karena sedekah dapat membawa keberkahan pada harta yang kamu miliki. Bukan hanya itu, melipatgandakan rezeki juga merupakan keutamaan yang akan kamu peroleh lepas bersedekah.

Membersihkan lingkungan sekitar

Bulan suci Ramadhan telah dinanti sejak lama. Rasanya akan aneh kalau menyambutnya dengan kondisi yang kotor dan berantakan. Seperti yang sering kali kita dengar, kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka penting untuk saling mengingatkan satu sama lain agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Tampaknya hanya amalan kecil yang sederhana, namun dalam keadaan yang bersih, sholat dan puasa akan terasa jauh lebih istimewa. 

Menyiapkan kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan 

Yuk, penuhi kebutuhan pokok makananmu supaya sahur dan buka tidak itu-itu saja. Tanpa harus berlebihan, kita selalu diperkenankan untuk menikmati puasa dengan baik. Memiliki persediaan makanan yang cukup akan membuat kamu lebih semangat dan menjadi bulan Ramadhan dengan lancar.

Nah, semua persiapan itu harus kamu tandai sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Semoga diberi kelancaran dalam menunaikan ibadah puasa! (Karin/Djavatoday) 

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

4 Jenis Parfum Tubuh, Punya Tingkat Ketahanan Masing-masing

Jenis parfum tubuh rupanya ada banyak loh. Seringkali kita mengira semua parfum adalah sama. Padahal mereka memiliki karakternya masing-masing. Beda jenis parfum juga memengaruhi...

5 Jenis Zakat dalam Islam, Gak Hanya Zakat Fitrah!

Jenis zakat dalam Islam ini ada banyak, loh, dan sebagai umat muslim sudah seharusnya kita memahaminya. Dalam agama Islam, zakat adalah salah satu dari...

Jangan Sampai Keliru! Ini Dia Urutan Pemakaian Lip Care yang Benar

Pemakaian lip care tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab hasil yang diperoleh akan kurang optimal nantinya. Perlu kamu ketahui, bibir mudah sekali mengalami pecah-pecah, mengelupas,...

Terpopuler

Lainnya