Rabu, Juni 19, 2024

6 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Jangan Lupa Untuk Antisipasi!

Tidak semua orang bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan saat menggunakan kendaraan. Pasalnya beberapa orang kerap mengalami mabuk ken. Lalu bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan?

Mabuk perjalanan pada dasarnya merupakan sebuah kondisi dimana otak tidak bisa memahami sinyal gerakan yang dikirim oleh mata, telinga dan tubuh saat berada di dalam kendaraan.

Gejala mabuk perjalanan yang umum dirasakan yaitu pusing, mual, sakit kepala, dan keluar keringat dingin. Maka dari itu, kamu perlu mengatasinya dengan beberapa cara, antara lain :

Menghirup aromaterapi

Saat mengalami mabuk perjalanan, kamu di sarankan untuk menghirup kayu putih atau minyak angin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aromaterapi  bisa mengurangi rasa mual dan muntah.

Hal ini disebabkan karena aromaterapi memiliki efek karminatif dan antispasmodik yang bekerja di dalam usus halus. Selain aroma peppermint, kamu juga bisa menggunakan aroma jahe atau lavender.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak Saat Mudik

Menghisap permen

Permen selalu jadi andalan bagi orang-orang yang mudah mabuk perjalanan. Sama seperti efek aromaterapi, permen dengan rasa jahe atau mint bisa menenangkan pencernaan sehingga tidak mudah mual dan muntah.

Kamu juga di sarankan untuk lebih banyak minum air putih yang tinggi kandungan oksigen agar otak lebih siap menangkap sinyal-sinyal tubuh sehingga tidak mudah mabuk perjalanan.

Perhatikan asupan makanan sebelum bepergian

Jika kamu termasuk orang yang mudah mabuk perjalanan, sebaiknya terlebih dahulu mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah lemak sebelum bepergian.

Makanan yang berminyak, asam, pedas dan tinggi lemak bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga membuat kamu mudah mual dan muntah. Untuk itu, sebelum berangkat perhatikan lagi asupan makanannya ya!

Hindari membaca buku atau ponsel

Banyak orang memilih untuk membaca buku atau memainkan ponsel saat merasa bosan di dalam kendaraan. Namun faktanya, hal ini menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami mabuk perjalanan.

Hal ini dikarenakan organ mata yang fokus pada satu titik, sementara tubuh memiliki respon lain. Akhirnya kamu akan mengalami pusing seperti berputar, dan jika sudah parah kamu bahkan tidak mampu untuk berdiri.

Memilih tempat duduk yang tepat

Untuk mengantisipasi supaya kamu tidak mengalami mabuk perjalanan, pastikan untuk memilih tempat duduk yang tepat. Pilih tempat duduk dimana matamu bisa melihat pemandangan dengan leluasa.

Pilihlah kursi di depan, atau di sebelah pengemudi. Jika menaiki kapal laut, kamu bisa memilih duduk di depan atau di tengah kapal agar guncangannya tidak terlalu terasa.

Minum obat anti mabuk perjalanan

Pilihan yang terakhir untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan mengonsumsi obat. Biasanya saat mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan, kamu akan mengantuk kemudian tertidur beberapa saat. Ketika bangun, tubuhmu akan jauh lebih segar. (Willy/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya