Selasa, Juni 18, 2024

6 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam dan Perawatannya Gak Sulit

Berkebun merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus memberi banyak manfaat, salah satu contohnya yaitu dengan menanam tanaman sayuran. Bibit tanaman sayuran juga mudah di jumpai dan di jual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah di banding tanaman hias.

Salah satu kegiatan bercocok tanam yang bisa langsung di rasakan manfaatnya adalah dengan menanam tanaman sayuran. Selain di konsumsi sendiri, hasil kebunnya pun bisa kamu jual. Namun sebelum di tanam, pastikan untuk memilih bibit yang unggul agar tanaman sayuran tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Berikut 6 rekomendasi tanaman sayuran yang mudah ditanam di pekarangan rumah, antara lain :

Baca juga : 5 Elemen Dekorasi Ruang Makan yang Bisa Menghidupkan Suasana

Cabai paprika

Cabai paprika merupakan tanaman sayuran yang bisa kamu tanam langsung di pekarangan rumah atau menggunakan pot. Bibit ini bisa di tanam dalam pot atau polybag dengan diameter sekitar 30-40 cm. Namun jika tidak ingin memakai tanah, kamu bisa menanamnya dengan cara sistem hidroponik/

Jika di rawat dengan baik maka tanaman cabai paprika akan tahan penyakit, bobotnya baik, usia panen yang jelas dan hasil panen yang optimal. Harga bibit paprika dijual di pasaran sekitar Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000 saja.

Kale lacinato

Kale lacinato merupakan keluarga dari sawi-sawian. Hanya saja, kale memiliki daun yang lebih keriting di banding jenis sawi yang lainnya. Tanaman ini merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di pasar Eropa dan Amerika.

Kale bisa dipanen kapan saja dan memiliki waktu pertumbuhan yang lumayan cepat. Bibit kale bisa dibeli dengan harga sekitar Rp. 12.000 hingga Rp. 20.000.

Seledri batang besar

Tanaman ini merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditanam dan dirawat di pekarangan rumah. Seledri batang besar merupakan jenis seledri yang ideal untuk ditanam karea tahan di segala musim.

Jika masuk waktu panen, tanaman ini bisa mencapai ukuran 6 inci. Selain itu, daunnya pun lebih hijau dan lebih besar di banding jenis seledri yang lainnya. Bibit seledri batang besar biasanya dijual dengan kisaran harga Rp. 8.000 hingga Rp. 20.000.

Kangkung hidroponik

Bagi pecinta kangkung, sepertinya kamu wajib menanam tanaman yang satu ini agar bisa di konsumsi sendiri. Tanaman ini memiliki perawatan yang mudah dan pertumbuhan yang terbilang cepat.  

Kangkung yang di tanam secara hidroponik akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih enak. Bibit kangkung di jual sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 63.000.

Daun bawang

Tanaman ini cocok di tanam oleh pemula karena perawatannya yang sangat mudah. Daun bawang bisa d itanam dalam pot, polybag atau langsung di lahan yang sudah di siapkan.

Masa panen daun bawang juga tidak terlalu lama. Bibit daun bawang di jual dengan harga sekitar Rp. 7.000 hingga Rp. 56.000.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang baik dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Jadi jika kamu ingin menanam sayuran, jangan lupa untuk memilih bayam ya!

Waktu yang paling baik untuk menanam bayam adalah pada saat awal musim hujan atau awal musim kemarau. Bibit sayuran ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp. 2.400 hingga Rp. 11.000.

Cabai

Orang Indonesia memang terbiasa memakan makanan pedas. Maka dari itu, kamu bisa menanam tanaman ini untuk menghemat pengeluaran. Apalagi cabai terkadang selalu mengalami kenaikan harga.

Cabai bisa ditanam dalam pot, polybag atau langsung di tanah. Cabai baru bisa dipanen sekitar 2-3 bulan. (Willy/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya