Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Tips Melatih Anak Berpuasa, Latih Sejak Dini!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips melatih anak berpuasa perlu Anda lakukan sejak anak masih berusia dini. Hal ini dilakukan untuk membuat anak terbiasa dengan ibadah wajib umat Islam ini. Meski usianya masih kecil, belajar berpuasa dapat membantu anak terus berlatih sehingga jika besar nanti ia akan dapat berpuasa dengan baik.

Sebelum mengajarinya puasa alangkah baiknya orang tua mengenalkan bulan Ramadan kepada anak. Beri pemahaman tentang arti Ramadan, manfaat, hal yang harus dilakukan dan juga hal yang tidak boleh dilakukan. Cara ini hendaknya diterapkan pada anak yang mulai menginjak usia 3 – 5 tahun.

Tips Melatih Anak Berpuasa

Berikut beberapa tips melatih anak berpuasa yang bisa Anda terapkan sejak anak berusia dini.

Ajarkan anak rukun Islam

Tips melatih anak berpuasa yang pertama yaitu dengan memberi pemahaman kepada anak tentang rukun Islam. Di antara lima rukun Islam, salah satunya adalah kewajiban berpuasa. Beri tahu kepada si kecil bahwa berpuasa hukumnya wajib bagi setiap umat Islam.

Dengan begitu maka ia akan berusaha untuk memenuhi kewajiban tersebut. Orangtua juga bisa melatih anak untuk menghafal lima rukun Islam agar anak bisa lebih paham tentang agama.

Beri tahu anak tentang keutamaan puasa

Umumnya anak kecil mereka cenderung senang melakukan sesuatu apabila terdapat imbalan. Orangtua bisa memberitahu mereka tentang keutamaan berpuasa yang mana di dalamnya terdapat banyak pahala.

Ajarkan kepada anak bahwa dengan berpuasa maka kita akan lebih dekat dengan Allah. Ganjaran berpuasa adalah pahala yang berlipat ganda.

Latih anak untuk berpuasa secara bertahap

Tips melatih anak berpuasa yang berikutnya yaitu dengan mulai melatih mereka untuk mepraktikan puasa. Anak kecil biasanya memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dari orang dewasa. Mereka akan cenderung mudah merasa lapar.

Nah, agar tidak terlalu berat, anak bisa berpuasa selama 3 – 4 jam saat pertama kali melakukan puasa. Keesokan harinya tambah lagi 1 atau 2 jam lebih panjang. Atau bisa juga menggunakan cara puasa bersambung. Contohnya biarkan anak makan siang jam 11 kemudian melanjutkannya kembali sampai magrib.

Beri tahu anak tentang hal-hal yang membatalkan puasa

Saat mengajarkan anak berpuasa, jangan lupa untuk memberitahu tentang hal yang dapat membatalkan puasa. Meski ini hanya latihan tetaplah membuatnya seperti simulasi yang benar. Ajarkan anak untuk menjalankan puasa sebagaimana mestinya dengan menjauhkan diri dari larangan berpuasa.

Beri apresiasi

Tips melatih anak berpuasa yang terakhir yaitu memberi apresiasi atas usaha anak. Perlu kamu tahu, apresiasi sekecil apapun pada pencapaian anak dapat berpengaruh untuk membakar semangatnya. Setidaknya berilah dia ucapan selamat agar anak dapat tetap semangat menjalani puasa. Jika ada rezeki lebih kamu juga bisa membelikan sesuatu pada anak.

Itulah tips melatih anak berpuasa ala Djavatoday. Yuk buat anak terbiasa berpuasa! (Ume/Djavatoday)

Rekomendasi Sepatu Wanita yang Nyaman dipakai untuk Kuliah

Rekomendasi sepatu wanita ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin tampil lebih menarik saat pergi ke kampus. Berbeda dengan jaman sekolah yang...

5 Ciri Teman Toxic yang Perlu Kamu Waspadai

Ciri teman toxic pada artikel kali ini bisa menjadi gambaran buat kamu yang sedang mengalami masalah dalam pertemanan. Sebab bisa jadi masalah tersebut terjadi...

Resep Ketupat Lebaran yang Empuk dan Nikmat

Resep ketupat lebaran ini siap memanjakan lidah sekaligus bikin perut kenyang supaya kamu tidak tampak lemas di hadapan para tamu yang akan datang. Makanan...

5 Tips Memilih Pasangan di Usia Dewasa, Jangan Asal Pilih!

Tips memilih pasangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Di usia dewasa tentunya kita menginginkan pasangan yang serius dan bisa diajak menua bersama. Memilih...

Terpopuler

Lainnya