Jumat, April 19, 2024

5 Pilihan Menu untuk Sahur Agar Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

Pilihan menu untuk sahur perlu diperhatikan agar kamu tetap sehat dan semangat saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Saat menjelang siang, kadang kala tubuh merasa lemas. Rasa lapar dan dahaga akan membuat kamu kurang konsentrasi bahkan kehilangan fokus saat sedang melakukan beberapa aktivitas tertentu. Untuk meminimalkan rasa lapar, kamu bisa sahur dengan makan makanan yang dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Pilihan menu untuk sahur yang tinggi protein dapat pula kamu seimbangkan dengan membiasakan diri minum air putih dan menghindari minuman yang mengandung kafein. Yuk, simak 5 pilihan makanan untuk sahur supaya kamu tidak cepat lapar!

Pilihan Menu Makanan untuk Sahur Supaya Tetap Semangat dalam Menjalani Ibadah Puasa

Untuk menjaga stamina tubuh selama bulan suci Ramadhan, salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah memilih menu untuk sahur. Berikut merupakan 5 rekomendasi makanan yang bisa kamu jadikan menu untuk sahur esok!

Sup ayam

Pilihan menu untuk sahur yang jadi kesukaan banyak orang ini tidak hanya enak dan hangat di tenggorokan, tapi juga bisa bikin perut terasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi sup ayam dipercaya ampuh membuat tubuh memperoleh nutrisi dengan cepat. Semangkuk sup dapat membuat kamu terhidrasi dengan baik. Selain itu, sup ayam juga memiliki banyak protein sehingga kebutuhan nutrisimu terpenuhi.

Bubur jagung manis

Jagung merupakan salah satu bahan pengganti nasi yang tak hanya berkarbohidrat, tapi juga dapat menyumbang sejumlah nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Meskipun sederhana, bubur jagung manis yang nikmat ini bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Nasi merah

Dapat mentransfer energi secara bertahap yang membuat asupan kalori tidak menumpuk, nasi merah memiliki banyak kandungan serat yang pas untuk menemani sahur kamu. Nasi merah tentunya bikin kamu tidak cepat lapar. Jadi kamu bisa lebih fokus menjalani aktivitas walaupun sedang berpuasa.

Daging sapi

Indeks kenyang daging sapi berada pada skor 176 lho, sob! Dan faktanya, mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging dapat meningkatkan produksi hormon yang bikin kamu merasa puas dan kenyang lebih lama. Itulah sebabnya kenapa daging jadi salah satu opsi yang bisa kamu olah untuk menu sahur nanti. Namun, ada baiknya konsumsi daging dalam porsi yang cukup. Karena makan daging terlalu banyak dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan.

Telur rebus

Jadi salah satu alternatif andalan saat seseorang sedang menjalani program diet, telur rebus memang efektif membuat perut merasa kenyang walaupun kandungan kalorinya tidak terlalu banyak. Alasan yang menjadikannya mengenyangkan adalah nutrisinya yang padat, terutama kandungan proteinnya. 

Demikian 5 pilihan menu makanan untuk sahur yang bisa bikin kamu tidak cepat lapar. Sudah siap menjalani puasa dengan semangat? Yuk, masak dan sajikan menu di atas supaya tidak mudah lemas. (Karin/Djavatoday)

Cara Melakukan Double Cleansing untuk Menjaga Kulit Wajah dari Kerusakan

Melakukan double cleansing dengan benar dapat memastikan wajah bersih optimal usai beraktivitas seharian di luar ruangan. Setelah menjalani rutinitas yang padat, kamu bisa melakukan...

4 Tips Memakai Liptint agar Terlihat Natural dan Tahan Lama

Tips memakai liptint pada artikel kali ini akan membantumu tampil cantik seharian tanpa touch up berkali-kali. Liptint adalah salah satu jenis perias bibir yang...

Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tak Mudah Iritasi

Tips mencukur bulu ketiak pada artikel kali ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit ketiakmu. Banyak orang menyepelekan hal ini sehingga ketiak mudah iritasi....

Rekomendasi Sepatu Wanita yang Nyaman dipakai untuk Kuliah

Rekomendasi sepatu wanita ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin tampil lebih menarik saat pergi ke kampus. Berbeda dengan jaman sekolah yang...

Terpopuler

Lainnya