Senin, Oktober 25, 2021

5 Alasan Ilmiah Kenapa Suami Istri Terlihat Mirip Satu Sama Lain

Salah satu dari kita mungkin pernah berkata bahwa pasangan suami istri yang telah menikah terlihat semakin mirip dari waktu ke waktu. Mulai dari wajahnya sampai dengan bahasa tubuh yang mereka gunakan. Ternyata ada penjelasan ilmiah dibalik fenomena menarik ini. Berikut penjelasannya.

Baca juga : 5 Self Care Fisik yang Penting untuk Dilakukan

Memilih pasangan yang mirip orang tuanya

Baca juga:

Banyak orang mengatakan bahwa laki-laki cenderung memilih perempuan yang mengingatkannya pada sosok sang ibu. Oleh karena itu, kemungkinan istrinya akan memiliki beberapa kesamaan dengan ibu kandungnya, baik dari segi penampilan ataupun kebiasaan.

Sebuah jurnal karya psikolog Anthony C. Little, Benedict C. Jones, dan Lisa M mengungkapkan bahwa seseorang lebih cenderung memilih pasangan hidup yang mirip dengan orang tuanya. Perempuan yang lebih dewasa dalam bersikap akan terlihat lebih menarik karena sosok tersebut akan mengingatkan dia pada ibunya yang sabar dan penyayang.

Melewati setiap tahun bersama

Seorang psikolog dari Amerika bernama Robert Zanjonc menerbitkan sebuah jurnal yang mengungkapkan bahwa orang-orang yang tinggal bersama dalam waktu yang lama akan terlihat mirip secara fisik.

Ia membandingkan foto beberapa pasangan di hari pernikahannya dengan foto yang diambil saat 25 tahun kemudian.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa walaupun pada awalnya suami istri tidak mirip satu sama lain, namun sekitar 25 tahun kemudian akan terlihat kesamaan pada fitur wajah mereka.

Fakta lain juga mengungkapkan, semakin bahagia kehidupan rumah tangganya, maka wajah suami istri akan terlihat semakin mirip.

Berbagi pengalaman hidup yang sama

Penelitian yang dilakukan oleh Robert Zanjonc juga mengungkapkan, bahwa pengalaman hidup yang dilewati bersama oleh sepasang suami istri akan mempengaruhi keadaan emosional dan bahasa tubuh mereka.

Pengalaman sedih dan bahagia selama menjalani kehidupan rumah tangga ‘tertulis’ di wajah mereka. Hal inilah yang menyebabkan pasangan suami istri cenderung memiliki kerutan di tempat yang sama.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan yang bernama Edward J Carr dan James Dooley mengungkapkan bahwa pasangan yang telah lama menikah mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat mirip.

Sistem kekebalan tubuh pada umumnya memang dipengaruhi oleh gaya hidup termasuk kebiasaan makan dan olahraga. Pasangan suami istri memang cenderung memiliki gaya hidup yang sama sehingga kekebalan tubuh mereka sangat mirip satu sama lain.

Mencerminkan kebiasaan satu sama lain

Para ilmuwan menyatakan bahwa suami atau istri cenderung akan meninggalkan kebiasaan mereka serta mengikuti kebiasaan pasangannya setelah menikah. Misalnya jika suami mencoba untuk berhenti bergadang dan memulai gaya hidup sehat, maka pasangannya cenderung melakukan hal yang sama

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU