Minggu, Juli 14, 2024

4 Tips Merawat Kucing agar Tumbuh Sehat dengan Baik

Tips merawat kucing perlu kamu terapkan agar peliharaanmu tersebut dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Kucing yang dirawat dengan baik memiliki risiko terkena penyakit lebih rendah dibanding dengan kucing yang tak terawat.

Memelihara kucing berarti kamu harus siap merawatnya dengan benar. Baik itu dari segi kesehatannya maupun dari segi kebersihannya. Pada dasarnya memelihara kucing tergolong mudah, hanya saja perlu komitmen yang kuat dalam melakukannya.

Sebagai binatang peliharaan, kucing harus terbebas dari penyakit agar tidak menjadi sumber penularan penyakit pada orang rumah. Nah, jika kamu termasuk orang yang suka memelihara kucing atau bahkan baru ingin mulai memeliharanya, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk merawatnya.

Tips Merawat Kucing yang Baik

Berikut beberapa tips merawat kucing yang baik agar dapat tumbuh sehat.

Pilih makanan yang kucing yang baik

Tips merawat kucing yang pertama yaitu dalam hal pemilihan makanan. Sama seperti kita, kucing peliharaan juga butuh makanan yang bernutrisi dan berkualitas. Pastikan makanan yang kamu beri pada kucingmu dapat memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Kecocokan makanan pada kucing bisa kamu lihat setelah pemberian selama beberapa minggu. Kamu juga perlu memperhatikan asupan air dan mineral untuk si kucing. Jangan sampai kucingmu dehidrasi.

Hindari memberi sembarang makanan pada kucing. Pilihlah makanan yang memang untuk kucing. Kamu bisa membelinya di pet shop. Sebagai hewan penyuka daging, kamu juga bisa memberikannya daging ikan atau daging ayam yang segar.

Mandikan kucing secara teratur

Kamu pasti sering melihat kucing menjilat-jilat tubuhnya sendiri. Hal itu merupakan cara dia untuk membersihkan tubuhnya. Namun bukan berarti kamu bisa melepas tanggung jawab dalam hal memandikannya, ya. ada kalanya kucing juga perlu dibersihkan oleh pemiliknya agar lebih bersih.

Bagi kucing yang tidak dikandang, hal ini tentunya menjadi lebih penting. Sewaktu-waktu pasti kucing akan keluar rumah dan bukan hal yang tidak mungkin jika dia kembali dengan kondisi yang kotor. Kucing yang terlihat kotor sebaiknya langsung dimandikan agar dapat mencegah munculnya kutu atau jamur pada tubuhnya. Paling tidak mandikan kucingmu satu kali dalam seminggu menggunakan sampo khusus.

Jaga kebersihan gigi dan mulut kucing

Tips merawat kucing yang berikutnya yaitu dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut kucing. Sama seperti manusia, gigi kucing juga perlu perawatan karena jika tidak maka dapat menimbulkan kerusakan pada gusi dan giginya.

Membersihkan gigi kucing bisa kamu lakukan ke dokter hewan terdekat. Jadwalkanlah kunjungan ke dokter hewan paling tidak setahun sekali untuk merawat kebersihan gigi kucing.

Jangan malas untuk menyikat bulu kucing

Tips merawat kucing yang terakhir ini terkadang jarang dilakukan oleh para pemilik kucing. Padahal hal ini juga penting, loh. Kucing adalah hewan yang memiliki bulu lebat sehingga perlu adanya perawatan pada bulu-bulu tersebut.

Menyikat bulu kucing bertujuan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan rambut mati. Bulu kucing yang disikat secara teratur akan terlihat lebih bersih, sehat, dan cantik. Sikatlah bulu kucingmu satu atau dua kali dalam seminggu.

Tips merawat kucing di atas semoga bisa menjadi gambaran bagi para pecinta kucing. Perhatikan kucingmu dengan baik agar ia dapat tumbuh dengan sehat. (Ume/Djavatoday)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya