Sabtu, Juni 15, 2024

4 Tips Memilih Tempat Magang, Jangan Asal Daftar

Tips memilih tempat magang menjadi salah satu bekal yang harus kamu pegang sebelum mendaftar program ini. Program magang mahasiswa saat ini memiliki banyak sekali jenis dan penawaran. Beberapa di antaranya justru memungkinkan untuk dikerjakan secara jarak jauh atau daring (dalam jaringan).

Sebagian kampus menjadikan magang sebagai salah satu tugas wajib untuk mahasiswanya sebelum mengajukan skripsi. Magang bertujuan untuk menerapkan ilmu yang didapatkan ke dalam dunia kerja yang sebenarnya. Dengan adanya program ini sebetulnya mahasiswa akan diuntungkan karena dapat menjadi sebuah pengalaman sebelum masuk ke dunia kerja.

Oleh sebab itulah, kamu harus memilih tempat magang yang bagus agar apa yang kamu dapatkan juga bagus. Jangan hanya menjadikan magang sebagai pemenuhan tugas, akan tetapi jadikan sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan pekerjaan kelak ketika lulus. Syukur-syukur kamu bisa langsung bekerja di tempat tersebut setelah lulus nanti sehingga kamu sudah terbiasa dan gak perlu adaptasi lagi.

Tips Memilih Tempat Magang

Berikut tips memilih tempat magang yang perlu kamu perhatikan.

Pilih tempat yang sesuai

Tips memilih tempat magang yang pertama yaitu dengan memilih tempat yang sesuai dengan keinginanmu. Program magang memang hanya berjalan maksimal 3 bulan saja. Namun kamu tetap perlu memilih tempat yang membuatmu nyaman agar kamu tidak mudah merasa stres.

Selain itu, sesuaikan pula dengan jurusan dan minatmu. Kamu perlu meriset terlebih dahulu tentang bidang dan perusahaan apa yang kiranya cocok denganmu. Jangan sampai kamu merasa tidak sesuai dan akhirnya menimbulkan penyesalan di tengah program magangmu.

Pilih perusahaan yang kredibel

Setelah mengetahui bidang dan jenis perusahaan yang sesuai denganmu, kamu juga hendaknya memilih perusahaan yang kredibel. Lihatlah ulasan, testimoni, dan lainnya dengan cara mengecek akun sosial medianya. Lebih bagus lagi jika kamu memiliki kenalan di perusahaan tersebut.

Dalam mendaftar magang di perusahaan kamu perlu hati-hati. Hal ini penting untuk menghindari eksploitasi anak magang.

Cari tahu benefit yang bisa didapatkan

Tips memilih tempat magang yang berikutnya adalah mencari tahu benefit atau keuntungan apa saja yang diberikan oleh perusahaan. Meski hanya sebagai pegawai magang, kamu mempunyai hak untuk diberikan benefit, entah itu dalam bentuk uang atau apapun.

Program magang sedikit banyaknya pasti membantu pekerjaan sebuah perusahaan. Maka sebelum mendaftar, kamu berhak untuk bertanya apa saja benefit yang nanti akan kamu terima jika magang di perusahaan tersebut.

Pertimbangkan lokasi

Cek lokasi tempat magang juga penting, loh. Dengan mengetahui tempat lokasi magang maka kamu bisa memperhitungkan lama perjalanan, transportasi, dan biayanya. Apakah kamu perlu sewa kos atau cukup pulang pergi saja. Kamu juga perlu memperhitungkan pendapatan dan biaya hidup di sana.

Nah, itu dia tips memilih tempat magang yang harus kamu perhatikan agar program magangmu tidak sia-sia. Gunakan kesempatan magang sebaik mungkin. (Ume/Djavatoday)

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...

Jauhkan dari Jangkauan si Kecil! Ini Dia 5 Tanaman Hias Beracun Cantik tapi Berbahaya

Tanaman hias beracun yang ditutupi oleh keindahannya ini bisa dengan mudah memikat hati, apalagi bagi kamu yang punya hobi berkebun. Mempunyai berbagai tanaman hias...

Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna rambut ini pas banget buat kamu yang ingin tampil dengan gaya baru. Nyatanya, bukan hanya penampilan berpakaian yang dapat mencuri perhatian, tapi...

Tips Mudah Bergaul yang Bikin Kamu Jadi Social Butterfly!

Tips mudah bergaul berikut ini bisa bikin kamu jadi si social butterfly yang punya banyak teman. Beberapa tips ini akan sangat bermanfaat bagi kamu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya