Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips Memotong Cabai agar Tangan Tidak Terasa Pedas dan Panas Setelahnya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips memotong cabai yang kita maksud di sini adalah bagaimana kita dapat menghindari rasa pedas dan panas yang kerap muncul setelah kita memotong percabaian. Rasa panas di tangan tentunya akan sangat mengganggu kamu karena pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan terkadang rasa panasnya lama hilang.

Sementara itu, kita tahu bahwa cabai menjadi salah satu bahan yang harus ada pada setiap masakan. Terlebih untuk kalian si penggemar makanan pedas. Jadi, mau tidak mau kita harus berkutat dengan bahan yang satu ini. Biar jari-jari tanganmu tidak terasa panas setelah memotong cabai, maka kamu bisa melakukan tips di bawah ini.

Tips Memotong Cabai agar Jari Tidak Panas

Olesi tangan dengan minyak jernih

Tips memotong cabai yang pertama yaitu dengan mengoleskan sedikit minyak goreng jernih ke jari. Cara ini menjadi salah satu cara terampuh yang banyak orang gunakan. Sebelum memotong cabai, kamu bisa mengolesi jari-jari tanganmu dengan minyak goreng yang belum dipakai atau minyak yang masih jernih. Lapisan minyak ini akan menghalangi kapsaisin yang membuat tangan menjadi terasa panas.

Gunakan sarung tangan plastik

Jika kamu punya sarung tangan plastik di rumah maka kamu bisa menggunakannya ketika memotong atau mengiris cabai. Sarung tangan akan melindungi kulitmu dari kapsaisin atau senyawa pedas yang ada pada cabai.

Celup tangan ke larutan pemutih

Tips memotong cabai yang selanjutnya yaitu dengan mencelupkan jari ke dalam larutan air dan pemutih. Campurkan air dan pemutih dengan perbandingan 5:1. Pemutih dapat mengubah kapsaisin menjadi garam yang larut dalam air. Setelah itu bilaslah jari tanganmu dengan air mengalir.

Cuci tangan dengan sabun cuci piring

Jika tanganmu keburu terasa panas karena kamu belum sempat mengoleskan minyak, maka kamu bisa mencucinya dengan air yang mengalir. Cucilah tangan menggunakan sabun cuci piring yang ada di rumahmu. Sabun cuci piring lebih efektif menghilangkan rasa panas pada jadi dibanding dengan sabun cuci tangan biasa.

Olesi lidah buaya

Kamu juga bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk menghilangkan rasa panas di jarimu. Gel lidah buaya dapat mendinginkan rasa panas sehingga sensasi pedas di jarimu perlahan akan menghilang. Oleskanlah gel lidah buaya sampai rasa panasnya benar-benar menghilang.

Oleskan alkohol

Tips memotong cabai yang terakhir adalah dengan mengoleskan alkohol pada jari yang terasa panas. Jari yang panas adalah reaksi dari kandungan kapsaisin pada cabai yang menempel di kulit. Kandungan ini lebih mudah larut dalam alkohol.

Dengan mengoleskan alkohol maka kamu dapat meredakan rasa terbakar pada kulit yang terkena cabai. Tuangkanlah sedikit alkohol pada kapas kemudian oleskan pada tangan yang terasa panas.

Itu dia tips memotong cabai dan cara mengatasi panas pada jari. Dengan tips di atas kini kamu bisa memasak tanpa perlu takut jari panas akibat potongan cabai. (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya