Sabtu, Juli 20, 2024

Resep Tempe Geprek Sederhana, Pedasnya Bikin Nagih

Resep tempe geprek adalah menu sederhana dengan bahan yang sederhana pula, yang wajib banget kamu cobain. Kamu mungkin sering menikmati hidangan ayam geprek. Nah, jika kamu merasa membuat ayam geprek terlalu rumit dan membutuhkan waktu yang lama, maka kamu bisa mencoba menu yang satu ini.

Tempe geprek menjadi alternatif bagi kamu yang lagi males mengolah ayam, atau mungkin lagi nggak mau makan ayam. Kamu bisa mengganti ayam dengan tempe. Meski terlihat menu yang biasa-biasa saja, tempe bisa kamu oleh dengan cara digeprek dengan sambal yang begitu menggugah selera.

Resep tempe geprek ini cocok buat kamu yang doyan pedas. Rasa pedas pada menu ini dijamin dapat membuatmu ketagihan. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk simak pada artikel di bawah ini.

Resep Tempe Geprek Sederhana

Berikut resep tempe geprek yang praktis dan anti ribet ala Djavatoday.

Bahan

Resep tempe geprek tentunya akan kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Tempe geprek menjadi salah satu hidangan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan mudah didapat. Bahan-bahan ini juga memiliki harga yang terjangkau.

Dengan harga murah, kamu dapat menciptakan menu lezat yang gurih dan renyah. Berikut bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat tempe geprek.

  • 5 buah tempe, potong-potong tipis
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 200 ml air dingin
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • minyak goreng secukupnya
  • daun kemangi
  • tomat
  • mentimun

Cara membuat

Resep tempe geprek selanjutnya masuk ke tahap pembuatan. Tak hanya terbuat dari bahan sederhana, tempe geprek juga dapat dibuat dengan cara yang sederhana. Kamu bahkan tak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Berikut cara membuat tempe geprek.

  1. Campur tepung terigu, garam, dan merica bubuk dalam satu wadaah. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air es sedikit demj sedikit sambil terus aduk hingga adonan kalis.
  3. Celup irisan tempe ke dalam adonan tepung.
  4. Panaskan minyak di atas wajan. Goreng tempe yang sudah dilapisi adonan tepung hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah semua tempe selesai digoreng, kini kita beralih menyiapkan bumbu sambal.
  6. Goreng sebentar bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah hingga terlihat lembek. Angkat dan pindahkan ke ulekan. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Ulek hingga semua bahan tercampur rata. Tingkat kehakusan sambal bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.
  7. Masukkan tempe ke dalam sambal dan juga geprek menggunakan cobek. Taruh mentimun, tomat, dan daun kemangi di atasnya.
  8. Tempe geprek siap disantap.

Resep tempe geprek di atas akan lebih nikmat jika disantap bersama nasi pulen yang hangat. Sajikan di atas cobek langsung agar rasanya lebih lezat. (Ume/Djavatoday)

Rekomendasi Bakmi di Bandung yang 100% Halal

Rekomendasi bakmi di Bandung bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang sedang ingin kulineran di Kota Kembang.

Stok Makanan Tahan Lama yang Bisa disimpan Tanpa Kulkas 

Banyak yang menyimpulkan bahwa menyimpan makanan di kulkas dapat menjaga kesegarannya. Tapi, tidak semua makanan yang disimpan di luar lemari pendingin akan cepat basi....

Rekomendasi Ramen di Bandung yang Nagih Abis!

Rekomendasi ramen di Bandung ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang berlibur di Kota Kembang. Setelah berwisata seharian, enaknya menikmati semangkuk ramen dengan...

Ini Dia Rekomendasi Bakery di Bandung yang Hits dan Ramai Pembeli!

Rekomendasi Bakery di Bandung yang ngehits ini tentu menyediakan berbagai macam roti dan kue yang lezat, makanya sering banget dikunjungi walaupun ada yang berada...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya