Selasa, Juli 9, 2024

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi dengan cuka, gula, dan garam, onigiri hanya dibuat dengan nasi biasa yang kadang-kadang membutuhkan sedikit garam, sehingga tak sulit mengawetkannya. Onigiri bisa disajikan dalam kondisi apa pun, tergantung bagaimana selera kamu untuk mengonsumsinya. Ada orang yang langsung memakannya dalam keadaan dingin, ada pula yang menghangatkannya terlebih dahulu. Kebanyakan orang mengonsumsinya dalam keadaan hangat. Sebab itu menambah rasa nikmat dan sensasi yang pas.

Onigiri merupakan makanan asal Jepang yang terbuat dari nasi kepal atau nasi yang dipadatkan dengan isian di dalamnya. Sejauh ini, onigiri dengan isian salmon dan tuna masih menjadi favorit ketimbang jenis onigiri lainnya. Onigiri biasanya disajikan dengan bentuk yang macam-macam, mulai dari bulat, segitiga, bahkan menyerupai karung beras. Makanan yang diselimuti rumput laut ini acapkali dinikmati sebagai hidangan cepat saji atau camilan yang mengenyangkan.

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bikin perkerjaan memasakmu jadi lebih praktis. Merupakan salah satu menu yang mengenyangkan bahkan cocok dijadikan bekal untuk pergi berlibur. Tertarik untuk mencobanya? Simak resep onigiri ala Jepang berikut ini!

Bahan-bahan:

Semangkuk nasi hangat

Nori

1 Ikan tuna kalengan

Mayones

Margarin

1 buah bawang bombay

Garam

Lada hitam

Penyedap rasa

Cara membuat Onigiri:

Siapkan nasi yang baru matang. Tambahkan sedikit garam untuk menambahkan rasa di setiap gigitannya. Aduk nasi sesaat supaya lebih pulen. Jika sudah, tutup dengan cling wrap dan beri sedikit lubang.

Tiriskan minyak dari tuna kaleng.

Cincang halus bawang bombay.

Panaskan margarin secukupnya, kemudian tumis bawang bombay yang sudah dicincang halus hingga layu. Masukkan tuna, tumis hingga harum.

Tambahkan secukupnya garam, lada hitam, dan penyedap. Koreksi rasa, jika sudah pas, tunggu sampai matang.

Pindahkan tuna ke dalam mangkuk, kemudian campurkan dengan mayones. Aduk hingga rata. 

Siapkan satu lembar nori. Ambil nasi secukupnya dan ratakan di atasnya. Tambahkan tumis tuna mayones, kemudian ratakan dan tutup lagi dengan nasi.

Bungkus dengan nori sambil menekan dua sisinya supaya nasi dan isinya padat.

Balik hingga posisi yang semula di bawah menjadi di atas agar nasinya terbentuk dan semakin padat. Diamkan selamat 1-2 menit supaya tidak hancur saat dibelah.

Jika sudah, belah menjadi dua bagian.

Terakhir, tata onigiri di kotak bekal.

Selesai!

Resep onigiri ala Jepang memang identik dengan salmon dan tuna. Tapi kamu juga bisa berkreasi dengan menjadikan ayam, sosis, atau telur sebagai isiannya. Selamat mencoba! (Karin/Djavatoday)

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Resep Asinan Mangga Muda, Pedas Manisnya Pas di Mulut!

Resep asinan mangga muda bisa banget nih kamu coba bikin di rumah. Asinan mangga punya cita rasa yang lezat. Asem mangga dipadukan dengan pedas...

Kuliner legendaris di Bandung, Sederhana tapi Bikin Nostalgia

Kuliner legendaris di Bandung ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menelusuri nuansa Kota Kembang pada masa lampau. Dengan konsep tempat dan menu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya