Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Resep Camilan dari Kentang yang Cocok Saat Musim Hujan

Resep camilan dari kentang begitu banyak dan beragam. Selain karena kentang yang mudah ditemui, kentang juga mudah diolah menjadi hidangan apapun. Mulai dari camilan, bahkan hingga menjadi hidangan main course. Nah, saat musim hujan seperti ini cocoknya mengonsumsi camilan dari kentang seperti berikut ini.

3 Resep Cemilan dari Kentang

Dari sekian banyaknya menu olahan kentang, ada beberapa yang cocok banget kamu santap saat musim hujan. Seperti potato bolognese schotel, potato corn wedges, dan potato cheese stick. 

Potato Bolognese Schotel

Baca juga:

Resep camilan dari kentang yang cocok disantap saat dingin-dinginnya hujan adalah potato bolognese schotel. Rasanya yang gurih pedas dan teksturnya yang lembut tentu harus kamu coba. Bahan yang diperlukan untuk membuat potato bolognese schotel menurut irmadesmayanti yakni sebagai berikut.

300 gram kentang, kupas potong dadu lalu rebus sampai matang. Tiriskan

120 gram kornet sapi

1/2 bagian bawang bombay cincang halus 

1/2 sendok makan bawang putih bubuk

1 butir telur 1 kocok lepas 

200 mili susu uht

50 gram keju cheddar parut 

1 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok makan cabe bubuk 

Secukupnya mozarella, gula, dan garam

Secukupnya oregano & parsley 

1 pouch saus bolognese instan

Caranya yang pertama kupas kentang, potong dadu, rebus sampai matang, dan tiriskan. Kedua, tumis bawang hingga wangi, lalu masukkan kornet sapi dan masaklah hingga sedikit kering. Ketiga, tambahkan susu cair uht, beri bumbu ketika sudah sedikit mengental. Masukkan keju dan kentang, kemudian aduk rata. 

Selanjutnya, beri oregano masak sampai mengental, setelah hangat, masukkan kocokan telur dan aduk rata. Ambil cup tahan panas (loyang kecil), isi dengan schotel (adonan tadi), tuang saus diatasnya lalu tuang schotel lagi. Berikutnya, beri keju mozzarella dan taburan parsley di atasnya. Panggang schotel di suhu 200°C sekitar 20 menit dan sajikan hangat dengan saus sambal sebagai camilan saat hujan turun.

Potato Corn Wedges

Resep camilan dari kentang yang selanjutnya adalah potato corn wedges dari Novita. Caranya simpel dan takarannya cukup disesuaikan dengan bahan. Adapun bahan yang diperlukan yakni:

1 kg kentang yang telah dikupas

2 bungkus happy tos *hancurkan 1 bungkus ukuran sedang

 Tepung bumbu serba guna Sajiku

Secukupnya telur kocok rata

Langkah yang pertama adalah sikat kentang yang telah dikupas hingga bersih, lalu rebus hingga empuk. Kedua, potong kentang menjadi beberapa bagian sesuai selera, kemudian gulingkan pada tepung serbaguna. Ketiga, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam remahan happy tos. Terakhir, goreng hingga berwarna gold dan lebih lengkap bersama saus sambal kesukaanmu.

Potato Cheese Stick

Resep camilan dari kentang yang terakhir adalah potato cheese stick atau stik kentang keju dari Meibasuki. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut.

500 gram kentang 

75 gram tepung maizena 

25 gram tepung tapioka

80 gram keju cheddar parut

1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam 

1/4-1/2 sdt lada bubuk

4 batang seledri, iris halus

Cara membuatnya yang pertama, kukus kentang sampai matang dan haluskan kentang saat masih panas agar gampang halus. Masukkan semua bahan lainnya dan campur hingga rata. Gilas adonan, potong-potong sesuai selera. Panaskan minyak goreng, masukkan potongan adonan satu per satu agar tidak lengket satu sama lain.

Goreng stik kentang keju hingga berwarna kuning keemasan. Jika sudah matang, angkat, tiriskan, dan hidangkan dengan saus favoritmu. 

Itulah 3 resep dari kentang yang cocok kamu santap hangat saat musim hujan seperti sekarang ini. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU