Minggu, Mei 26, 2024

Jajanan Tradisional Indonesia Wajib Kamu Coba! No 3 yang Sudah Langka

Halo good People. Kuliner sudah menjadi favorit di setiap penjuru Nusantara. Indonesia  mempunyai beragam macam kuliner yang tidak ada di negara lain. Nah, ada beberapa jajanan tradisional Indonesia yang wajib kalian coba.

Makanan tradisional merupakan ciri khas dari  suatu daerah. Makanan tradisional mempunyai cita rasa yang khas dan beda dengan lainnya. Begitu pula banyak makanan Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

Jajanan Tradisional Indonesia bercita rasa manis

Onde-onde

Makanan yang pertama adalah onde-onde. Jajanan tradisional Indonesia ini bercita rasa manis. Terbuat dari tepung ketan yang ditaburi biji wijen dengan dalamnya kacang hijau yang sudah diolah.

Makanan ini dapat ditemui di pasar tradisional maupun warung-warung. Makanan yang berbentuk bulat ini biasa dijual dengan harga Rp. 500 sampai dengan Rp. 1 ribu per buahnya.

Klepon

Makanan yang sempat viral baru-baru ini memiliki daya tarik tersendiri. Berbentuk bulat dan berwarna hijau klepon ini bercita rasa manis. Karena didalamnya diberi gula merah cair. Sehingga ketika kalian memakannya maka rasa gula merah cair akan langsung terasa di mulut.

Klepon memiliki tekstur yang kenyal dan ditaburi parutan kelapa di dalamnya. Kalian dapat menemui jajanan tradisional Indonesia ini di banyak tempat. Bahkan tidak sedikit ada hotel yang menyajikannya sebagai cemilan.

Rakicak

Makanan ini dapat dikatakan sudah langka. Karena sudah jarang yang menjualnya. Makanan ini terbuat dari ketan dan kelapa parut. Kemudian diberi gula merah yang sudah dicairkan. Rasa manis pun akan meleleh di mulut ketika dimakan.

Kue Cucur

Tepung beras menjadi bahan utama dari makanan yang satu ini. Cita rasa manis nya terbuat dari gula merah yang dicampur dalam adonannya. Kue ini digoreng dan memiliki tekstur yang sedikit keras.

Makanan ini sering dijadikan cemilan di beberapa acara seperti arisan, pertemuan keluarga, ataupun untuk menemani belajar. Harganya murah karena satu buah dibandrol Rp. 1 ribu.

Jajanan yang Bercita Rasa Gurih

Comro

Makanan olahan dari singkong ini banyak penggemar nya. Comro merupakan singkatan dari Oncom dijero yang artinya oncom didalam.

Jajanan tradisional Indonesia ini diolah dari singkong parut yang dibentuk bulat dan diisi oncom. Kemudian digoreng dan dapat dimakan langsung. Satu bulat comro ini dijual dengan harga Rp. 500. Kalian dapat menemukan makanan ini di mana-mana.

Serabi

Jajanan tradisional Indonesia ini terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan dan parutan kepala. Jajanan yang satu ini dimasak dengan cara dibakar.

Serabi ini biasanya diberi oncom dibagian atasnya sebagai penambah citarasa. Namun dengan seiring perkembangannya ada serabi yang dicampur dengan coklat. Ada pula yang dibuat ditambahkan dengan telur. Namun rasanya tetap memiliki ciri khas.

Nah itu dia beberapa jajanan tradisional Indonesia yang wajib kalian kunjungi. Jika berkunjung ke Indonesia maka kalian tidak akan kelaparan karena dengan Rp. 5 ribu sudah dapat mendapatkan jajanan. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Resep Chicken Teriyaki Rice Bowl, Pilihan Menu yang Mengenyangkan

Chicken teriyaki rice bowl merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk menemani aktivitasmu. Seperti namanya, menu makanan ini menjadikan daging ayam sebagai komposisi utama...

5 Kombinasi Makanan Sehat untuk Menemani Hari-harimu

Kombinasi makanan sehat ini dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih maksimal, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Perpaduan makanan yang menyehatkan ini bisa menjadi...

Resep Olahan Bakso untuk Lauk di Rumah, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Resep olahan bakso ini kerap menjadi kreasi para Ibu di rumah. Kalau bicara mengenai bakso, macam-macam ide masakan seketika muncul di pikiran. Sebab bola...

5 Rekomendasi Kafe Bertema Buku, Bookworm Mari Kumpul!

Rekomendasi kafe bertema buku bisa menjadi referensi untuk kamu para pecinta buku yang ingin mencari suasana baru. Nongkrong ternyata tak harus ngopi-ngopi saja sambil...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya