spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Gorengan Ala Korea Menggunakan Tepung Kobe, Enak dan Renyah

Gorengan ala korea adalah salah satu makanan yang trend di Indonesia, terutama bagi kaum pecinta drama korea (drakor). Gorengan ala korea juga sudah banyak dijual oleh beberapa tempat makan di Indonesia loh. Bukan hanya karena rasanya yang enak saja, gorengan ala korea ini juga menampilkan tampilan yang menarik. 

Sejak dulu, gorengan adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Karena gorengan cocok untuk disantap kapanpun seperti sarapan, teman minum kopi dan teh, ataupun hanya sekedar untuk cemilan.

4 Resep Gorengan Ala Korea 

Gorengan ala korea mempunyai banyak jenis loh. Yu intip bagaimana cara membuat gorengan ala korea menggunakan tepung kobe.

Kentang Tornnado (Hweori Gamja)

Makanan ini sangat banyak digemari oleh masyarakat Korea. Jika kamu suka menonton film drama korea atau menonton konten vlog mengenai street food Korea makanan ini kerap muncul. Selain rasanya yang enak, tampilan dari makanan inipun menarik perhatian pembelinya. Saat ini jika kamu ingin memakan gorengan ini tidak perlu terbang langsung ke korea. kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Hanya dengan menyiapkan bahan-bahan seperti: dua buah kentang granola, 150 mili air, penyedap rasa (bisa menggunakan boncabe), satu bungkus tepung kobe bumbu putih 75 gram, dan minyak goreng secukupnya. 

Cara membuatnya pun mudah pertama membuat adonan basah dengan mencampurkan tepung kobe bumbu putih dengan air lalu aduk dengan rata. Kemudian kupas kentang dan cuci hingga bersih, tusuk menggunakan sumpit lalu potong-potong dari ujung hingga ujung sampai berbentuk spiral. Baluri kentang menggunakan adonan basah tadi. Terakhir panaskan minyak, goreng kentang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan berikan taburan penyedap rasa.

Tempura Sayuran (Yachae Twigim)

Gorengan ala korea yang satu ini mirip dengan gorengan bakwan khas Indonesia loh. Berbahan dasar sayur-sayuran dengan adonan tepung basah. Gorengan ini sangat cocok dengan saus kecap khas korea. Yu simak cara membutanya!

Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti satu buah terong ungu yang berukuran sedang, 50 gram buncis, satu buah wortel, 10 lembar daun bayam, 10 buah jamur kancing, dua bungkus tepung kobe bakwan kress, 180 mili air bersuhu dingin, minyak goreng secukupnya. 

Cara membuatnya pertama cuci semua sayuran yang telah ada. Iris semua sayuran tipis memanjang dan sisihkan terlebih dahulu. Lalu siapkan satu buah mangkuk dan tuangkan tepung kobe bakwan kres bersama dengan air, aduk sampai rata. Selanjutnya panaskan minyak. Masukan sayuran yang telah diiris ke dalam mangkuk yang berisi adonan. Goreng tempura hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan siap untuk disajikan. 

Ayam Korea

Ayam korea ini banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya. Tidak sedikit kedai-kedai di Indonesia menjual ayam korea ini. Di Korea makanan ini biasa disajikan dengan saus gochujang khas korea. Warnanya yang merah dan rasanya yang pedas menjadi alasan makanan ini populer. Pada resep kali ini, kita tidak menggunakan saus gochujang dalam menyajikan makanan ini, melainkan menggunakan boncabe leve 15. Rasanya tidak akan kalah enak dengan ayam korea aslinya.

Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 250 gram ayam fillet, dua bungkus tepung kobe bumbu putih yang berukuran 75 gram. Kemudian air dingin secukupnya, enam siung bawang putih yang telah dihaluskan. Satu bungkus bon cabe level 15, dua sendok makan madu, satu sendok teh gula pasir, satu sendok makan air perasan jeruk nipis, tiga sendok makan saos tomat, satu sendok makan wije putih.

Cara membuat ayam korea adalah pertama membuat adonan basah dengan dua sendok makan tepung kobe, larutkan menggunakan 8 sendok makan air dingin. Aduk hingga merata. Lalu masukkan ayam fillet kedalam adonan basah yang telah dibuat. Selanjutnya tuangkan sisa tepung kobe ke dalam mangkuk, lumuri ayam menggunakan tepung hingga merata. Goreng dalam minyak yang panas hingga ayam matang, lalu angkat dan tiriskan. 

Kemudian tumis bawang putih sampai harum. Masukan boncabe, madu, gula pasir, air perasan jeruk nipis, saos tomat dan air. Aduk hingga sedikit mengental, masukan ayam goreng, aduk dengan rata. Ayam korea siap disajikan dengan taburan wijen putih di atasnya.

Udang Goreng Kriuk (Saewoo Twigini)

Gorengan ala korea ini sering dijumpai di restoran-restoran seafood. Semua kalangan pasti suka dengan makanan ini. Dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan banyak bahan loh. Cukup menyiapkan ΒΌ gram udang, lada bubuk secukupnya, satu bungkus tepung kobe bumbu putih, satu slice jeruk nipis, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya pertama bersihkan terlebih dahulu udang dari kotorannya. Lalu baluri udang dengan jeruk nipis dan lada bubuk hingga merata. Kemudian baluri udang dengan tepung kobe kering. Goreng menggunakan minyak panas hingga matang. Udang goreng siap sajikan.

Itu dia resep-resep gorengan ala korea yang wajib kamu coba dirumah. Pasti kamu akan ketagihan untuk membuatnya kembali. Semoga resep-resep ini bermanfaat ya! (Dedeh Sukmawati/Djavatoday)

Kudapan Brolendo, Perpaduan Brownis dan Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan tradisional khas Ciamis, Jawa Barat. Makanan tersebut terbuat dari ampas minyak kelapa. Galendo itu kemudian dipadukan dengan makanan...

Menantea Milik Jerome Polin Hadir di Tasikmalaya, Yuk Cobain

Menantea milik Jerome polin merupakan sebuah minuman yang dominan dengan rasa teh. Terbuat dari teh lokal dan memakai potongan buah asli pada sebagian varian...

Resep Olahan Ubi Ungu yang kekinian, Sudah Pastinya Enak!

Resep olahan ubi ungu merupakan olahan makanan yang unik berbahan dasar ubi ungu yang seperti kita ketahui banyak manfaatnya. Ubi ungu memang memiliki banyak...

Resep Jajanan Pasar Yang Wajib Kamu Coba, Enak dan Mudah

Resep jajanan pasar yang wajib kamu coba buat di rumah, cocok untuk dijadikan cemilan ataupun makanan untuk sarapan nih. Jajanan khas pasar banyak macam...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya