Minggu, Juni 16, 2024

Bikin Nagih! Ini dia Resep Ayam Goreng Mentega yang Lezat dan Empuk

Ayam goreng mentega menjadi menu lauk favorit yang banyak diminati, terutama di Indonesia karena tekstur dagingnya yang mudah diolah. Tak hanya itu, daging ayam menjadi pilihan keluarga karena harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan daging kambing atau sapi.

Setiap orang memang memiliki preferensi makanan kesukaan yang berbeda, dan menurut peninjauan, ayam adalah hidangan yang paling sering dikonsumsi karena memiliki sumber protein yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi ayam yang segar dapat meningkatkan sistem imunisasi terhadap substansi asing yang bisa kapan saja menyerang tubuh.

Ayam goreng mentega sebagai hidangan andalan di beberapa restoran bisa kamu buat lho di rumah. Caranya gampang! Untuk mendapatkan hasil yang enak, kamu harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan. Terutama daging ayamnya, pastikan kamu memilih daging yang masih segar dan layak dikonsumsi. Untuk mendapatkannya, ambilah daging ayam yang seratnya lembut dan tidak berlemak.

Ayam Goreng Mentega yang Lezat dan Empuk, Begini Cara Membuatnya

Jika kamu mengkhawatirkan hasilnya, kamu bisa mencobanya dengan porsi yang sedikit. Setelah hasilnya sesuai dengan apa yang kamu harapkan, cobalah memasak dengan porsi yang lebih banyak. Ini resepnya.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

2 potong paha ayam (untuk 2 porsi)

Minyak secukupnya

Air secukupnya

Bahan untuk marinasi:

1 sendok makan maizena

½ sendok teh kaldu bubuk

¼ sendok teh merica bubuk

¼ sendok teh garam

½ sendok makan kecap asin

Jeruk nipis

Bahan untuk membuat saus: 

1 sendok teh saus tiram

½ sendok teh saus sambal

1 sendok makan kecap manis

2-3 sendok makan mentega

2 siung bawang putih yang sudah digeprek

Irisan bawang bombay secukupnya

Cara membuat:

Potong paha ayam menjadi 5-6 bagian jika kamu menginginkan ukuran yang kecil. Masukkan ke dalam mangkuk, kemudian marinasi dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Tutup menggunakan plastik wrap dan diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap. 

Siapkan wajan, tuangkan minyak, lalu panaskan. 

Goreng ayam di api besar sampai matang, kemudian angkat dan tiriskan.

Kamu bisa kembali menyiapkan wajan dengan sedikit minyak untuk memasak ayam beserta sausnya. Mula-mula tumis bawang hingga tercium aromanya, tambahkan mentega dan bawang bombay, kemudian tumis.

Masukkan bahan pembuat saus yang sudah disebutkan di atas. 

Masukkan ayam, tambahkan air, lalu aduk hingga sausnya membaluri seluruh dagingnya.

Masak hingga air surut dan juga bumbunya tercampur merata.

Makanan yang lezat dan empuk sudah matang dan siap disantap!

Ayam goreng mentega yang baru diangkat dari penggorengan pasti terlihat menggugah selera dan membuat nafsu makan kamu semakin bertambah. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan dimakan saat perut sudah keroncongan, maknyus! (Karin/Djavatoday)

Resep Ikan Bakar yang Harus Kamu Coba, dijamin Gurih dan Bikin Nagih!

Resep ikan bakar di bawah ini bisa bikin kamu merasakan sensasi nikmatnya makan ikan yang gurih di luar, tapi lembut di dalam. Menu ini...

Domba Lawu Karanganyar, Surga Playground Penuh Keceriaan!

Domba Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran yang memiliki konsep wisata keluarga dengan playgorund yang beragam sebagai daya tarik utamanya. Dengan mengunjungi tempat ini, kamu dan keluarga bisa berlibur dengan nyaman karena bisa kulineran sembari menikmati udara sejuk Lawu. Anak-anak pun bisa tetap ceria karena banyaknya jenis permainan di area playground dan domba-domba lucu yang bisa menjadi bahan edukatif.

Resep Sawi Gulung Daging Ayam, Praktis dan Mudah Dibuat

Resep sawi gulung daging ayam kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Selain praktis, menu ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya