Senin, September 27, 2021

Aneka Resep Puding Sederhana dan Istimewa untuk Hidangan Penutup

Aneka resep puding memiliki banyak sekali ragamnya. Para pegiat kuliner makin kreatif merumuskan sebuah resep untuk menyajikan puding yang enak, segar, dan istimewa untuk keluarga. Seperti aneka resep puding yang akan kita bahas kali ini yang memiliki ragam rasa. Namun, tetap cocok disantap sebagai hidangan penutup.

Aneka Resep Puding untuk Hidangan Penutup

Puding merupakan hidangan penutup yang biasanya dibuat dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. Puding memiliki beragam rasa, seperti manis, sedikit gurih, dan tentunya fresh. Yuk, buat puding istimewa dengan tiga resep puding berikut ini.

Puding Strawberry

Baca juga:

Untuk Anda yang menyukai rasa yang manis dan segar, puding strawberry by Fatmahbahalwan cocok untuk Anda. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya.

1 bungkus Haan Puding Mix rasa strawberry

500 mili air

1 bungkus Vla puding dalam kemasan Puding mix

250 mili air

Selai strawberry secukupnya

Buah strawberry segar untuk garnish

Aneka resep puding yang pertama adalah puding strawberry. Cara membuatnya cukup sederhana, masaklah bubuk puding mix dengan 500 mili air lalu aduk rata. Masak dengan api sedang hingga mendidih, kemudian angkat. Terus aduk-aduk hingga uapnya hilang.

Setelah uapnya hikang, tuangkan ke dalam cetakan gelas puding sesuai yang Anda punya. Disarankan menggunakan cetakan dengan bentuk yang unik agar nanti terlihat cantik. Dinginkan hingga beku. Beralihlah untuk mengolah vla dan 250 mili air dengan memasaknya hingga mendidih, kemudian angkat.

Tuangkan vla tadi di atas puding yang sudah beku, kemudian dinginkan. Selanjutnya, beri selai strawberry di atas vla yang telah dingin. Tambahkan juga potongan buah strawberry segar. Puding pun siap dinikmati.

Puding Oreo 3 Rasa

Aneka resep puding yang kedua adalah puding oreo 3 rasa by Evi Novrianty. Yuk simak bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan A:

1 bungkus agar-agar swallow

750 mili susu UHT rasa strawberry

1 bungkus oreo

Bahan B:

1 bungkus agar-agar swallow

750 mili susu UHT vanila

Bahan C:

1 bungkus agar-agar swallow 750 mili susu UHT coklat

Cara pembuatannya adalah campurkan semua bahan A kecuali oreo lalu masak hingga mendidih. Jangan lupa sambil diaduk, ya. Tunggu hingga uap panasnya hilang, kemudian tuang ke dalam cetakan puding sesuai selera. Tata oreo di atas bahan A lalu sisihkan.

Selanjutnya, campurkan semua bahan B seperti pada bahan A tadi. Namun, tuangkan bahan B sedikit demi sedikit di atas bahan A yang telah dingin dan membentuk, kemudian sisihkan. Campurkan semua bahan C dan masak seperti pada bahan A dan B. Tuangkan bahan C di atas bahan B lalu biarkan dingin dan simpan di dalam kulkas.

Puding Santan Gula Merah

Aneka resep puding yang ketiga adalah puding santan gula merah by Yulichia88 untuk loyang brilliance granite ukuran 24cmx9cm. Bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut.

Bahan:

3 bungkus agar-agar swallow plain 2.300 mili

Santan dari 1/2 butir kelapa

3 1/2 keping gula merah

3 sendok makan gula putih (optional)

Garam secukupnya 

Daun pandan 3 lembar

Vanili bubuk (optional)

Cara pembuatannya adalah sisir gula merah lalu masak dengan sedikit santan hingga gula merah mencair. Saring air gula merah lalu sisihkan. Selanjutnya, campurkan semua bahan dan aduk rata hingga mendidih. Tunggu uap panas hilang kemudian tuangkan ke dalam loyang brilliance premium granite ukuran 24cm×9cm yang telah dibasahi air.

Bisa dituangkan secara bertahap agar puding berkulit ataupun secara langsung keseluruhan. Tunggu hingga puding sudah set atau membentuk, kemudian simpan dalam kulkas. Setelah itu, keluarkan puding dari loyang dan sajikan sebagai hidangan penutup.

Itulah 3 aneka resep puding sederhana yang bisa Anda buat di rumah. Puding ini cocok disajikan sebagai hidangan penutup yang istimewa untuk keluarga. Selamat mencoba, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU