spot_img
Sabtu, Agustus 13, 2022
spot_img

5 Kuliner Khas Idul Adha dari Penjuru Nusantara

Kuliner khas Idul Adha merupakan ragam hidangan berbau daging yang biasanya tersaji saat perayaan kurban. Banyaknya stok daging baik kambing ataupun sapi membuat masyarakat beramai-ramai mengolahnya dengan lezat. Tahukah Sobat Djava, bahwa setiap daerah di Nusantara memiliki hidangan khasnya saat perayaan kurban? Kekayaan rempah dan budaya di Indonesia membuat kulinernya pun begitu bervariasi.

Seperti yang kita tahu bahwa kurban tahun 2022 jatuh pada 10 Juli mendatang. Selain menyambutnya dengan ibadah dan suka cita, berbagai kuliner pun tentu harus Anda siapkan. Untuk inspirasi hidangan saat Idul Kurban nanti, Sobat Djava bisa menyimak artikel ini selengkapnya, ya!

5 Kuliner Khas Idul Adha yang Bisa Menjadi Inspirasi

Berikut 5 kuliner khas Idul Adha dari penjuru nusantara yang bisa menjadi inspirasi masakanmu di Idul Kurban nanti.

Kari Kambing Khas Aceh

Kari kambing merupakan salah satu hidangan khas Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Ikon kuliner yang populer dari Serambi Mekkah ini juga sering warga setempat sebut dengan ‘kuah sie kameng’. Kari kambing sering kali tersaji saat lebaran haji dan merupakan makanan wajib dalam perayaan adat Aceh. Seperti khitanan, pesta pernikahan, dan acara akikah.

Di Aceh, kuliner khas Idul Adha ini biasanya bersanding dengan roti canai agar lebih nikmat. Rasa dari kari kambing ini begitu kuat karena mengandung rempah yang kaya. Selain menggunakan daging kambing sebagai bahan baku, masyarakat juga biasanya menambahkan kentang sebagai bahan pelengkap. Hidangan ini bisa menjadi inspirasi Sobat Djava untuk santapan hari raya kurban nanti.

Gorengan Kambing Khas Betawi

Masih seputar daging kambing, kali ini ada hidangan spesial khas Betawi, yakni gorengan kambing. Gorengan kambing ini tak sesederhana namanya dan bukan seperti gorengan biasa, lho. Makanan khas Betawi punya ini berupa daging kambing dan jeroannya yang berpadu dengan santan dan bumbu rempah pekat. Warnanya mirip seperti semur karena menggunakan kecap manis yang cukup banyak.

Yang membedakan gorengan kambing khas Betawi dengan gulai kambing adalah pada proses pembuatannya. Untuk membuat gorengan kambing, daging dan jeroan harus ditumis bersama bumbu sebelum bermandikan santan. Setelah proses memasak yang cukup lama, gorengan kambing pun siap Anda santap dengan acar kuning yang khas. Kuliner khas Idul Adha ini masih bisa Anda jumpai di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya. 

Intip Makanan Khas Cirebon yang Mampu Mengunggah Selera

Kota Cirebon merupakan sebuah kota Pelabuhan yang berada di bagian utara Jawa Barat. Kota ini dikenal sebagai kota wali dengan sebagian destinasi wisatanya yang...

4 Tempat Ngopi di Bandung yang Asyik untuk Nongkrong

Tempat ngopi di Bandung ada banyak sekali, bukan hanya hitungan jari. Beragam jenis desain interior maupun outdoor pun menghiasi tiap tempatnya. Berbagai daya tarik...

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri, Cocok Buat Camilan Sore Hari

Resep otak-otak ikan tenggiri merupakan sebuah racikan spesial yang cocok untuk menemani soremu. Otak-otak memang biasanya banyak berjajar di pinggir jalan atau bisa kita...

Resep Perkedel Kentang Telur Puyuh, Untuk Bekal Anak Sekolah

Perkedel adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan kentang. Biasanya perkedel diberi isian daging cincang untuk menambah cita rasa. Namun, kali ini kita...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya