Senin, September 27, 2021

3 Inspirasi Menu Sarapan Simpel Anti Ribet, Yuk Coba

Inspirasi menu sarapan simpel anti ribet yang akan diulas kali ini benar-benar mudah untuk diikuti, lho. Ada tiga menu simpel dan lezat dengan bahan-bahan yang ekonomis dan praktis. Sarapan adalah aktivitas makan di pagi hari yang tak boleh terlewatkan, Sobat Djava. Agar tubuh tetap bertenaga dan siap melakukan berbagi aktivitas untuk sehari penuh.

Yuk intip menu sarapan apa saja yang simpel dan mudah untuk dicoba! Simak artikel ini hingga akhir, ya.

3 Inspirasi Menu Sarapan Simpel

Baca juga:

Tiga inspirasi menu sarapan simpel ini terdiri dari quick cheesy garlic toast, roti john roti tawar, dan telur dadar tepung. Menu ini bisa menjadi alternatif saat Anda bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja.

Quick Cheesy Garlic Toast by Silvialim

Inspirasi menu sarapan simpel yang pertama adalah quick cheesy garlic toast. Selain simpel, menu ini juga cepat lho dibuatnya, sesuai dengan namanya. Siapkan dahulu bahan-bahannya, yuk!

Baca Juga: Ide Menu Sarapan Sehat dan Super Simpel Tanpa Daging

Bahan-bahan:

Roti tawar 

Keju mozzarella yang telah diparut

Parsley (sesuai selera)

Bahan olesan:

100 gram keju oles

100 gram mentega atau margarin

1 sendok makan minyak zaitun

3 siung bawang putih yang telah diparut halus

1/4 sendok teh lada hitam (sesuai selera)

Setelah semua bahan disiapkan, satukanlah semua bahan olesan dalam mangkuk. Aduk rata menggunakan spatula. Kemudian, ambil roti tawar dan olesi dengan olesan tadi dengan rata. Beri topping keju mozzarella parut secara merata dan taburi parsley jika suka.

Taruh roti yang telah diolesi di atas loyang yang telah dialasi baking paper. Lalu panggang menggunakan oven yang sudah dipanaskan. Panggang dengan suhu 200 derajat Celcius selama 8 hingga 10 menit. Jika sudah matang, Anda bisa langsung menyantapnya dengan saus sambal.

Roti John Roti Tawar by Dhilasina

Inspirasi menu sarapan simpel yang kedua adalah roti john menggunakan roti tawar. Anda tentu sudah tidak asing dengan roti yang sudah populer ini. Yuk coba dengan cara simpel berikut ini. Siapkan bahan-bahannya dulu, ya.

Bahan-bahan:

Roti tawar

Chicken luncheon atau kornet, sosis, dan daging lainnya sesuai selera

Telur yang telah dikocok lepas menggunakan garam dan merica

Bawang bombay cincang

Daun bawang iris

Keju

Margarin atau mentega

Saus tomat

Saus cabai jika suka

Untuk cara membuatnya, lelehkanlah margarin secukupnya untuk menumis daging atau sosis dengan bawang bombay. Tumis hingga tercium aroma wanginya. Tuangkan telur yang telah dikocok lepas. Kemudian masukkan irisan daun bawang dan keju. 

Beri saus tomat dan saus pedas. Tutup dengan satu buah roti tawar lalu masak hingga matang. Olesi permukaan roti tawar bagian atas dengan margarin. Balik sehingga roti berada di bawah dengan daging, telur, dan isian lain di atasnya. Panggang lagi hingga roti garing kecoklatan.

Jika sudah, lipat roti dan sajikan sebagai menu sarapan.

Telur Dadar Tepung by Henjiwong

Inspirasi menu sarapan simpel yang terakhir adalah telur dadar tepung dengan bahan-bahan yang ekonomis. Cara membuatnya pun tentu praktis. Yuk siapkan bahan-bahannya berikut ini.

Bahan-bahan:

Daun bawang

2-3 butir telur

Kaldu jamur

Garam

100 gram tepung protein tinggi

25 gram tepung tapioka

300 mill air 

Pertama, kocok lepas telur dengan daun bawang, kaldu jamur, dan garam. Kedua, campurkan tepung protein tinggi dan tepung tapioka dengan air. Aduk rata hingga adonan halus. Ketiga, panaskan pan lalu olesi dengan sedikit minyak. 

Keempat, jika pan sudah panas, tuangkan adonan tepung sekitar 2 sendok makan lalu lebarkan. Masak sekitar 30 detik kemudian tuangkan telur di atasnya dan lebarkan. Balik adonan dan masak hingga matang. Lipat dengan cantik dan sajikan ke atas piring. Anda bisa menambahkan saus sesuai selera.

Itulah 3 inspirasi menu sarapan simpel anti ribet yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU