Senin, Oktober 25, 2021

Waspada Obat dan Suplemen Palsu, Cek Ini Sebelum Pesan Online

Jual barang secara online menjadi marak dilakukan, sehingga kita perlu waspada obat dan suplemen palsu. Pasalnya ada banyak produk-produk kesehatan bertebaran di internet, karena kita tidak bisa memegang kemasannya langsung sebelum membeli, maka bisa saja tertipu. Oleh karena itu ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum memesan produk kesehatan dari toko online. 

Beli di Official Store

Untuk menghindari produk palsu, pastikan kamu membeli di toko resmi produsen atau distributor. Kamu juga bisa mencari obat atau suplemen di akun drugstore resmi sebagai alternatif. Atau sekarang sudah ada layanan telemedicine dan apotek online untuk memudahkan kamu mendapatkan obat/suplemen. 

Baca juga:

Waspada obat dan suplemen palsu, jangan mudah terkecoh dengan harga murah dan keterangan ready stock. Terutama untuk produk-produk yang sedang kosong dimana-mana. Pembeli bisa tertipu dengan barang yang tidak asli! 

Baca Ulasan/Review

Sebelum membeli obat/suplemen, baca terlebih dahulu review atau ulasan di toko yang dituju. Apabila tokonya masih baru atau belum banyak barang yang terjual, kamu perlu berhati-hati. Terutama jika toko tersebut menjual berbagai macam barang yang tidak ada hubunganya dengan kesehatan, maka perlu waspada obat dan suplemen palsu.

Tanya Penjual

Jika ada sesuatu yang terasa mengganjal, tanyakan langsung kepada penjual. Kamu juga bisa mengirimkan bukti berupa foto atau video apabila produk yang dibeli terdapat ketidaksamaan dengan produk yang ada di rumah. Biasanya situs jual beli memungkinkan customer untuk meminta refund atau pengembalian dana. 

Laporkan penjual/produk ke pihak marketplace apabila barang yang kamu beli terbukti palsu. Tindakan ini bertujuan agar penjual tersebut diberi sanksi dan tidak ada lagi korban baru. 

Cari Alternatif

Adakalanya merek obat/suplemen yang kamu butuhkan sedang sulit dicari. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mencari alternatif serupa. Bisa dengan versi generik/buatan dalam negeri atau merek lain yang memiliki kandungan sama. Pastikan kamu berkonsultasi ke dokter apabila obat/suplemen alternatif yang kamu butuhkan harus menggunakan resep. 

Mencari obat/suplemen secara online memang tidak mudah, terlebih lagi sekarang banyak produk palsu beredar. Persediaan yang cepat habis dimana-mana membuat orang tergoda untuk menimbun barang. Pastikan kamu membeli produk kesehatan secara bertanggung jawab dengan menghabiskannya sebelum lewat masa kadaluarsa. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU