Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Mudah Mengurangi Kalori Agar Lemak Tidak Terus Bertumpuk

Pasca lebaran, banyak orang mengalami lonjakan kenaikan berat badan sehingga mulai mencari tips mudah mengurangi kalori agar lemak tidak terus bertumpuk. Kenaikan berat badan yang drastis bisa disebabkan oleh banyaknya masakan dan kudapan yang tersaji di hari raya, sehingga orang melupakan diet sementara waktu. 

Selama libur panjang, rebahan dan ngemil menjadi kombo penyebab lemak menumpuk di perut. Oleh karena itu, kamu perlu kembali ke pola makan yang sehat sebelum libur panjang usai. 

Sarapan yang Bergizi

Baca juga:

Tips mudah mengurangi kalori dianjurkan mengkonsumsi sarapan tinggi protein antara pukul 6 hingga 10 pagi. Sarapan bergizi secara rutin dapat mengurangi resiko penumpukan lemak dan tidak akan membuat kamu cepat lapar. 

Ahli Gizi Niti Desai merekomendasikan sarapan pagi-pagi sekali untuk memberi energi pada tubuh dan otak. Beberapa menu bergizi untuk sarapan yang dianjurkan di antaranya protein shake, oatmeal, yogurt, dan telur rebus. 

Wajib Sayur dan Buah

Ketika makan siang, pastikan kamu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang seimbang. Sayuran mengandung serat yang membuat kita merasa kenyang lebih lama. Buah-buahan memberi nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. 

Apabila menu makan siang tidak terdiri dari banyak sayuran, pastikan kamu mendapat sayuran dalam porsi cukup. Awali makan siang dengan mengambil sayuran terlebih dulu, saat nafsu makan sedang tinggi. Pastikan kamu mengkonsumsi setengah hingga satu porsi sayuran setiap makan siang atau setara dengan 5-8 sendok sayur berdaun. 

Wajib Minum Air Putih

Minum air putih juga merupakan bagian dari tips mudah mengurangi kalori. Dengan mencukupi kebutuhan air, nafsu makan jadi lebih terkendali. Kamu pun jadi lebih mudah membakar lemak saat bergerak. Manfaat lainnya tubuh tidak akan mudah lesu karena dehidrasi. 

Gunakan Piring Kecil

Ukuran piring juga bisa membantu mengurangi berat badan. Menggunakan piring kecil bisa membuat kamu cepat kenyang sehingga mengurangi porsi makan. Tips mudah mengurangi kalori , buatlah perubahan kecil dari cara makan. 

Kesimpulan ini didapat dari hasil penelitian America’s Cornell University yang menemukan bahwa menggunakan piring kecil membantu menurunkan 0,9 kg per bulan. Selain itu, tidak disarankan makan di depan televisi. 

Jam 10 pagi dan 3 sore adalah waktu yang tepat untuk ngemil, namun pilih cemilan yang bergizi seperti biji almond, protein bar, dan biskuit rendah kalori. Itulah tips mudah mengurangi kalori untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, semoga berhasil mencapai target yang diinginkan.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU