Minggu, Oktober 17, 2021

Tanda Tubuh Perlu Diet, Waspadai Jika Mulai Muncul

Saat kondisi kita mulai terasa tidak nyaman, itu bisa jadi tanda tubuh perlu diet. Perlu waspada jika salah satu pertanda ini mulai kamu rasakan. Meski terlihat sepele, namun bisa berkembang jadi masalah kesehatan yang serius bila dibiarkan. 

Perubahan pada tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pola makan, efek obat-obatan hingga kebiasaan sehari-hari. Makanan yang tidak sehat dan kebiasaan buruk bisa membawa dampak negatif pada kesehatan. Jangan sampai, kekebalan tubuh jadi menurun dan mudah terserang penyakit. 

Baca juga:

Untuk mengamati perubahan pada kondisimu, yuk cek apakah salah satu tanda tubuh perlu diet ini mulai kamu rasakan. Lebih baik bergerak dari sekarang daripada terus menerus ditunda malah berakhir menyusahkan  diri sendiri dan orang lain.

Mudah Capek dan Lelah

Lemak yang menumpuk menyebabkan peradangan, hingga berujung pada efek samping yakni diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Spesialis Penyakit Dalam Mye Nwe mengatakan bahwa peradangan internal dari kelebihan lemak dapat menimbulkan gejala kelelahan. 

Jika kamu sering merasa kelelahan sepanjang waktu, itu merupakan tanda kamu perlu diet. Program penurunan berat badan dapat mengurangi gejala kelelahan dan kerusakan. 

Baju dan Celana Mulai Sempit

Baju dan celana yang mulai terasa sempit bukan berarti kamu harus membeli ukuran lebih besar. Namun, kondisi ini menjadi tanda tubuh perlu diet. Ukuran pinggul yang bertambah besar terjadi karena penumpukan lemak. 

Agar baju dan celana dapat dipakai kembali dengan nyaman, segera tentukan kegiatan olahraga untuk membakar lemak. Berlari selama 15 menit atau berjalan kaki selama 20 menit dapat membantu menurunkan kalori. 

Cincin Tidak Bisa Lagi Dipakai

Penumpukan lemak juga bisa terjadi pada jari-jari tangan. Apabila jari tangan sudah membesar, maka cincin tidak akan muat lagi. Penumpukan lemak di jari tangan merupakan tanda tubuh perlu diet. 

Lingkar Perut Lebih dari 85 cm

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya lewat berat di timbangan, tetapi waspadai juga lingkar pinggang. Wanita yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm tergolong obesitas. Sedangkan batas aman pada lingkar pinggang laki-laki adalah 85 cm. 

Kondisi tersebut rentan mengalami risiko kesehatan, mulai dari kolesterol tinggi, hipertensi, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, disarankan untuk segera memulai program diet dan rutin berolahraga. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU