Senin, Juli 15, 2024

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan tidak selalu stabil sehingga bisa saja menyimpan udara yang kotor. Maraknya penyakit yang berhubungan dengan pernapasan hingga paru-paru pun menjadi salah satu akibatnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu memperhatikan kualitas udara yang kita hirup sekalipun itu di dalam rumah. Tak perlu mahal-mahal membeli mesin berteknologi canggih untuk menyaring udara, kamu bisa melakukannya secara alami, lho. Cukup dengan menaruh beberapa tanaman segar yang memiliki manfaat untuk membersihkan udara di ruangan saja.

6 Tanaman Pembersih Udara

Kira-kira, tanaman jenis apa saja yang bisa memastikan udara di rumah atau ruangan tetap bersih? Berikut kami berikan beberapa rekomendasi tanaman pembersih udara dengan daun yang cantik! Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava.

Sirih Gading

Salah satu tanaman yang mampu menyaring udara di dalam ruangan adalah sirih gading yang memiliki bentuk daun seperti love. Tanaman rambat ini memiliki kandungan senyawa formaldehyde, xylene, dan benzene yang berperan untuk menghilangkan polutan udara dalam ruangan. Sirih gading juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban udara sekaligus menjaga kulit kita agar terhidrasi dengan baik. Daunnya yang cantik ternyata memiliki daya serap tinggi sehingga mampu menyerap racun-racun di udara, seperti bekas semprotan obat nyamuk.

Chinese Evergreen atau Aglonema

Tanaman pembersih udara yang selanjutnya adalah chinese evergreen dengan daunnya yang memanjang. Tanaman aglonema memiliki manfaat untuk membersihkan udara sehingga cocok menaruhnya di dalam sudut ruangan. Jenis tanaman aglonema juga begitu bervariasi dengan bentuk dan warna yang menarik untuk mempercantik ruangan. Selain perannya sebagai penghilang polusi, aglonema juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara dan mengurangi stres.

Rubber Tree

Tanaman hias selanjutnya adalah rubber tree yang berasal dari India atau dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan daun karet kebo. Namanya memang cukup unik dengan segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memeliharanya. Salah satunya adalah bermanfaat untuk membersihkan udara, di antara ada partikel formaldehida, bakteri, dan jamur yang jahat. Tanaman ini juga melepaskan banyak oksigen daripada tanaman lainnya.

Peace Lily

Tanaman pembersih udara yang berikutnya adalah peace lily, tanaman hijau dengan bunga putih yang begitu cantik. Peace lily bahkan sudah terkenal sebagai tanaman hias sejak 1870-an di Eropa sana karena memancarkan aura elegan yang mahal. Siapa sangka, tanaman dekorasi ini ternyata memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas udara. Peace lily mampu menyerap gas beracun seperti karbon monoksida dan formaldehida kemudian menggantinya dengan produksi oksigen yang bersih.

Tanaman ini sering kali menjadi hiasan di dalam ruangan, seperti di atas lemari hias atau pojok ruangan, baik itu rumah ataupun kantor. Perawatannya yang mudah juga menjadikan tanaman ini banyak orang-orang pilih. Konon, bunga ini juga bisa membawa keberuntungan, lho.

Spider Plant

Tanaman pembersih udara satu ini adalah jagonya, yakni spider plant atau tanaman laba-laba. Dengan daunnya yang berwarna putih hijau dan berbentuk memanjang seperti kaki laba-laba. Tanaman ini ternyata seperti tanaman sebelumnya yang diklaim dalam penelitian NASA dapat menghilangkan polutan udara. Seperti  partikel formaldehida, toluena, hingga xilena.

Spider plant juga mampu melembabkan udara secara alami dan menjadikan udara lebih segar karena bisa mengurangi alergen udara. Tanaman yang berasal dari Afrika ini juga ramah untuk hewan peliharaan karena tidak memiliki duri maupun batang. 

Lidah Mertua

Tanaman pembersih udara ini memiliki bentuk yang persis seperti namanya, panjang dan mengerucut di bagian atasnya. Lidah mertua merupakan tanaman hias yang aesthetic dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menyaring udara, mengalirkan oksigen dengan lebih baik, hingga bisa menjadi kompos organik. Orang Jepang bahkan menggunakannya sebagai penghilang bau perabotan, lho.

Itulah 6 tanaman pembersih udara yang bisa kamu pelihara di rumah. Menaruhnya di ruangan kerja atau kantor juga bisa menjadi ide yang baik untuk mengelola stresmu! (Rismawati/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya