Selasa, Juni 25, 2024

Tanaman Obat Sering Ditemui Tapi Jarang Diketahui

Hallo good people. Indonesia yang kaya akan flora nya mempunyai banyak jenis tanaman obat. Banyak tanaman obat sering ditemui tapi jarang diketahui khasiatnya.

Tidak sedikit pula banyak orang yang sengaja menanam tanaman obat. Karena harga yang murah serta khasiat yang alami. Meskipun penggunaannya harus rutin dan lama namun tanaman obat sering dipakai karena tidak mempunyai efek samping.

Ada beberapa tanaman obat sering ditemui yang harus kalian ketahui

Misai Kucing

Misai kucing atau kumis kucing adalah salah satu tanaman yang sering kita temui. Tanaman obat ini mempunyai banyak manfaat diantaranya mengobati kencing manis, kolestrol, darah tinggi dan lemah jantung.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kita hanya tinggal memetik beberapa lembar daun dan kumis kucing nya. Kemudian rebus sampai warna air nya berubah menjadi hijau kecoklatan. Saring dan sajikan di gelas.

Teh misai kucing ini cocok diminum ketika pagi ataupun sore hari. Rasanya pun tidak pahit seperti teh kebanyakan.

Ketumpang Air

Tanaman obat sering ditemui selanjutnya adalah ketumpang air. Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemui. Karena tanaman ini tumbuh dimana saja.

Ada beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini. Diantaranya menurunkan tekanan darah tinggi, diare, batuk, nyeri sendi, reumatik dan masih banyak lagi.

Tanaman ini dapat diolah dengan cara dibuat sayur, salad ataupun teh.

Cecenet

Tanaman yang satu ini banyak dijumpai di berbagai tempat. Tanaman ini berbeda-beda penyebutannya di setiap wilayah. Di Jawa Barat khusunya Ciamis buah yang satu ini disebut cecenet.

Tidak perlu diolah buah ini dapat langsung dimakan. Buah ini memiliki rasa yang manis dan asam.

Baca Juga: Makanan Pemicu Munculnya Jerawat, Tak Hanya Gula

Untuk dapat mengetahui buah mana yang sudah matang caranya cukup mudah. Kita hanya perlu menggoyangkan pohonnya dan beberapa buah akan jatuh. Buah yang jatuh itulah yang sudah matang.

Banyak yang meremehkan tanaman obat sering ditemui ini. Tapi ternyata khasiat yang dimilikinya sangatlah bermanfaat. Diantaranya adalah sebagai pelawan kanker, darah tinggi, reumatik dan influenza.

Tanaman Obat Sering ditemui yang banyak digunakan

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini banyak kita temui. Bahkan banyak yang menanamnya.

Manfaat dari lidah buaya sangatlah banyak. Diantaranya kencing manis, anti radang, penurun panas, wasir, dan luka bakar.

Selain sebagai obat lidah buaya memiliki manfaat sebagai kecantikan. Banyak produk kecantikan yang menggunakan tanaman obat sering dijumpai ini.

Lidah buaya biasanya dapat dipakai untuk maskeran dan juga sebagai vitamin rambut. Namun kalian harus hati-hati dalam pengolahannya.

Kersen

Siapa yang tidak tau tanaman yang satu ini. Kersen memiliki rasa yang manis ketika sudah matang.

Biasanya pohon kersen tumbuh dengan cepat dan tinggi. Banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai penyerap debu.

Namun tanaman obat yang satu ini memiliki khasiat. Khasiatnya yaitu sebagai pengobatan diabetes akut. Yang dapat diolah dari tanaman ini adalah daun dan buahnya.

Nah itu dia beberapa tanaman obat sering ditemui namun jarang diketahui. Sebagai orang yang hidup di negara kaya raya   ada baiknya kita menggunakan bahan alami termasuk untuk obat. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya