Sabtu, Juni 22, 2024

Resep Susu Jahe Merah, Minuman Herbal yang Bisa Hangatkan Badan

Resep susu jahe merah wajib banget nih kamu cobain di rumah. Minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu menghangatkan badan, susu jahe merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi.

Seperti namanya, susu jahe merah berbahan dasar susu dan jahe. Kedua bahan ini sangat baik bagi tubuh. Susu mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik bagi pertumbuhan. Sementara jahe dapat berperan sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Biasanya minuman ini disajikan dalam keadaan hangat dan cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Saat ini memang banyak produk susu jahe sachet yang bisa kamu dapatkan di rumah. Namun bagi kamu yang lebih suka susu jahe yang ori dan bisa disesuaikan dengan selera, kamu bisa mencoba resepnya berikut ini.

Resep Susu Jahe Merah Rumahan

Berikut resep susu jahe merah yang bisa kamu racik sendiri di rumah. 

Bahan-bahan

Resep susu jahe merah yang pertama tentunya menyiapkan segala bahan-bahan yang akan diperlukan. Bahan untuk membuat susu jahe merah atau sujamer ini sangat simpel loh. Mudah didapat dan tentunya harganya sangat terjangkau. Berikut bahan untuk membuat susu jahe merah.

  • 200 gram jahe merah yang sudah dibakar dan dimemarkan
  • 5 buah kapulaga
  • 1 batang kayu manis
  • 5 butir cengkeh
  • 3 sendok susu bubuk
  • 500 ml air putih
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Siapapun bisa mempraktikkannya di rumah. Berikut langkah-langkah dalam membuat susu jahe merah.

  • Larutkan susu bubuk dengan 200 ml air. Aduk hingga tidak terdapat gumpalan kemudian sisihkan.
  • Didihkan 300 ml air. Masukkan jahe merah, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Rebus hingga airnya menyusut.
  • Saring air rebusan tadi dan pisahkan ampasnya.
  • Tuang air jahe ke dalam larutan susu.
  • Aduk dan sajikan dalam keadaan hangat.

Manfaat susu jahe merah

Resep susu jahe merah tadi sangat kaya akan manfaat. Mengkonsumsi minuman ini dapat membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Kandungan antioksidan pada rempah-rempah tersebut dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Selain itu, minum susu jahe merah secara rutin juga dapat mencegah pengeroposan tulang secara dini. Susu jahe merah mengandung magnesium, kalsium, dan potasium yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Susu jahe juga dapat membantu menghindari terjadinya peradangan maupun infeksi pada sendi.

Nah itulah resep susu jahe merah lengkap dengan manfaatnya bagi tubuh. Yuk cobain resepnya dan rasakan manfaatnya sendiri. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya