Senin, Oktober 25, 2021

Penyebab Payudara Terasa Gatal, Hal ini Perlu Diwaspadai

Penyebab payudara terasa gatal bisa berasal dari berbagai hal. Meski terdengar sepele, namun rasa gatal yang timbul bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika terjadi terus menerus, bisa jadi merupakan tanda masalah serius. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab payudara terasa gatal. Dengan mengetahui sumber permasalahannya, maka kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan solusi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu waspadai agar tidak menimbulkan gatal-gatal. 

Baca juga:

Bra yang Kotor

Rasa gatal di payudara bisa berasal dari bra yang kotor. Jika bra terkena debu saat dijemur, atau memakai yang belum dicuci, bisa jadi menimbulkan rasa gatal pada payudara. Pastikan kamu selalu memperhatikan kebersihan bra sebelum menggunakannya. 

Terbakar Matahari

Sebelum berenang, pastikan kamu sudah mengoleskan tabir surya sebelum keluar ruangan. Terutama untuk kamu yang mengenakan baju renang model bikini atau pakaian dengan kerah terbuka, sinar matahari bisa jadi penyebab payudara terasa gatal. Paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kulit terbakar, termasuk area payudara. 

Terkena Biang Keringat

Jika bahan pada bra tidak bisa menyerap keringat dengan baik, maka kondisi ini menjadi penyebab payudara terasa gatal. Berkeringat memang baik bagi tubuh karena dapat menjaga otot-otot tetap aktif, namun kamu harus segera mengganti bra. Jika dibiarkan terlalu lama, area payudara akan terasa gatal akibat biang keringat.

Memiliki Eczema/Psoriasis

Gejala eczema atau psoriasis menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, bersisik hingga pecah-pecah. Jika tidak diobati dengan baik, gejala ini bisa kambuh sewaktu-waktu. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika sudah mulai mengganggu aktifitas.

Sedang Hamil, Melahirkan, atau Menyusui

Pada masa kehamilan dan menyusui, ukuran payudara bisa berubah akibat produksi ASI. Perubahan ukuran ini menyebabkan area payudara menjadi terasa gatal dan terkadang disertai dengan kulit mengelupas. 

Untuk meringankan rasa gatal, oleskan petroleum jelly ke area payudara dan kenakan bra yang nyaman. Hindari penggunaan bra yang terlalu ketat, selain menimbulkan rasa gatal juga bisa menghambat sirkulasi darah. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU