Sabtu, Juni 22, 2024

Mitos Seputar Haid yang Ternyata Tidak Sesuai Fakta

Masih banyak orang terutama wanita percaya dengan mitos seputar haid padahal tidak semuanya terbukti benar. Saat sedang menstruasi, tubuh wanita mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan hormon yang mengundang jerawat, tubuh yang mudah lelah, bahkan perubahan suasana hati yang tak menentu. Kondisi ini sering dikaitkan dengan mitos.

Untungnya, zaman sudah semakin berkembang, internet ada dalam genggaman. Kita bisa mencari tahu kebenaran dari mitos seputar haid dengan mengandalkan sumber terpercaya. Informasi yang tersedia di internet bisa Anda manfaatkan untuk menambah pengetahuan seputar menstruasi, agar tidak terjebak dengan mitos belaka.

Keramas Saat Haid, Bolehkah?

Salah satu mitos seputar haid yang beredar hingga sekarang adalah larangan keramas saat menstruasi. Konon katanya, keramas saat menstruasi bisa menyebabkan peredaran darah berhenti dan sakit kepala. Apakah itu benar?

Faktanya, belum ada penelitian medis yang membuktikan kaitan antara haid dengan keramas. Zaman dulu masih jarang orang mandi dengan air hangat dan berlama-lama di sungai ketika mandi membuat badan terasa tidak nyaman. Makanya dilarang keramas saat haid meski belum ada penjelasannya.

Pori-pori kulit secara alami akan terbuka ketika tubuh membutuhkan penguapan, apalagi saat menstruasi kita jadi lebih mudah berkeringat. Haid bisa tiba-tiba berhenti ketika sedang stress atau olahraga berat, tapi akan kembali normal dengan sendirinya apabila banyak beristirahat.

Kesimpulannya, boleh-boleh saja keramas saat menstruasi. Tak ada salahnya mandi dan keramas menggunakan air hangat agar tubuh dan pikiran terasa lebih rileks.

Makan Daging Sebabkan Darah Haid Bau Amis?

Ada juga mitos seputar haid yang melarang makan daging karena bisa menyebabkan darah berbau amis. Beberapa wanita ada yang menjadi sensitif pada bau ketika menstruasi, bahkan sampai timbul gejala mual ketika mencium aroma menyengat. Sehingga bau amis pada darah menstruasi jadi terasa mengganggu.

Faktanya, bau amis saat menstruasi terjadi akibat campuran darah, lendir, dan bakteri. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena bau amis adalah kondisi yang umum pada wanita menstruasi. Disarankan untuk mengganti pembalut secara teratur agar area kewanitaan tetap bersih.

Mengkonsumsi makanan berupa daging sapi, daging ayam, dan ikan juga sangat dianjurkan. Karena menu makanan tersebut tinggi zat besi yang berguna untuk menggantikan sel darah yang hilang.

Minum Air Es Sebabkan Darah Jadi Beku?

Larangan minum air es saat menstruasi juga masih dipertanyakan kebenarannya. Tidak tanggung-tanggung, mitos seputar haid mengatakan bahwa minum air es bisa menyebabkan darah membeku bahkan menimbulkan kista. Mitos ini ternyata salah besar.

Tubuh memiliki saluran pencernaan yang berbeda dengan sistem reproduksi. Ketika minum air es, rasa dingin paling hanya akan terasa sampai tenggorokan. Setelah masuk ke lambung, maka suhunya akan menyesuaikan karena bercampur dengan cairan tubuh lain. Oleh karena itu, air es yang kita minum tidak akan mengganggu sistem reproduksi.

Kista, tumor, dan kanker rahim secara umum disebabkan oleh faktor genetik dan pola hidup tak sehat seperti merokok. Apa yang kita konsumsi ketika haid, tidak menyebabkan kemunculan kista pada rahim.

Daripada memikirkan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, lebih baik kita menjaga tubuh tetap terhidrasi. Misalnya ketika ingin minum air kelapa ditambah es, boleh-boleh saja. Apalagi air kelapa memang baik untuk tubuh karena mengandung banyak elektrolit. (Dewi/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya