Minggu, Mei 26, 2024

Mengenal Jenis Makanan Sehat Beserta Contoh dan Manfaatnya

Menjaga asupan makanan sehat penting untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi covid 19. Di masa pandemi covid 19 ini anda mungkin sering mendengar nasehat untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun, tahukah anda apa yang di maksud dengan makanan sehat dan makanan apa saja itu?

Pengertian Makanan Sehat

Menurut kemenkes, pengertiannya adalah pada dasarnya adalah makanan yang mengandung nutrisi yang dapat membuat anda kenyang dan berenergi. Nutrisi yang di maksud yakni protein, karbohidrat, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Makanan sehat terbagi kedalam beberapa golongan diantaranya

Serealia

Serealia dikenal juga dengan sebutan sereal atau biji-bijian. Tanaman ini termasuk kedalam kelompok tanaman yang secara khusus di budidaya dengan tujuan untuk di panen bagian bijinya. Biji pada tanaman serealia ini mengandung pati atau karbohidrat sehingga umum digunakan sebagai makanan pokok di berbagai belahan dunia. Adapun contoh tanaman serealia yakni padi, gandum, jagung dan lain sebagainya.

Sayur-mayur

Semua jenis sayur merupakan makanan sehat yang harus ada dalam menu harian anda. Sejumlah sayuran dapat di konsumsi mentah tanpa di masak terlebih dahulu atau di masak dengan berbagai cara. Seperti di tumis, di rebus, di kukus dan lain-lain. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah di sebut sebagai lalapan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif dan Mudah

Contoh olahan makanan dari sayuran seperti sayur sop, cah kangkung, sayur bayam dan lain-lain.

Buah-buahan

Dengan mengonsumsi buah tubuh akan kaya akan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi. Usahakan untuk mengonsumsi buah utuh yang masih segar dibanding jus buah maupun buah kering.

Buah-buahan merupakan camilan sehat yang dapat di konsumsi kapan saja. Misalnya pisang di pagi hari, apel untuk makan siang, dan buah-buahan lainya untuk di makan sore hari.

Protein Nabati dan Hewani

Makanan sehat lainnya yaitu makanan yang mengandung protein. Terdapat dua sumber protein yaitu protein nabati dan hewani.

Protein nabati berasal dari konsumsi tanaman atau jenis olahan lainnya.

Yang termasuk kedalam protein nabati diantaranya tahu, tempe, kacang kedelai, kacang polong dan lain-lain.

Sedangkan protein hewani merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari hewan atau produk olahan lainnya. seperti daging ayam,daging ikan,daging sapi, telur dan lain-lain.

Susu Dan Produk Alternatifnya

Segala produk susu dan olahanya seperti keju dan yoghurt merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Kebanyakan produk susu biasanya di olah dari susu sapi. Tapi bagi kalian yang alergi terhadap susu sapi jangan khawatir kalian bisa mengganti susu sapi dengan mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai atau almond.

Itulah kelima makanan sehat yang bisa anda konsumsi untuk mencegah Covid-19. Selain bisa membuat sehat, konsumsi makanan tersebut mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terpapar virus corona.  (Pe/Djavatoday)

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya