Minggu, Juli 14, 2024

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik. Daging hewan ini merupakan salah satu jenis daging merah yang banyak masyarakat Indonesia sukai. Olahan daging ini bahkan begitu beragam dengan cita rasa yang lezat karena paduan rempah-rempah khas nusantara. Tak hanya lezat, daging ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Salah satu hal yang sering kita dengar tentang daging ini adalah bahwa kambing bisa memicu hipertensi. Akan tetapi banyak dokter menjelaskan bahwa hal tersebut adalah mitos, salah satunya adalah Dokter Tirta. Daging hewan ini justru memiliki kadar kolesterol yang paling rendah di antara daging ayam maupun daging sapi, lho. Kira-kira, ada manfaat apa lagi dari daging ini?

Baca juga: 8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

5 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

Berikut adalah 5 manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh manusia yang harus kamu ketahui!

Menstabilkan Tekanan Darah

Alih-alih memicu hipertensi, daging ini justru bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah berkat kandungan kaliumnya. Setiap 100 gram kambing, terdapat sekitar 400 miligram kalium yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil. Asupan kalium penting untuk tubuh dengan jumlah sekitar 4.500 hingga 4.700 gram. Untuk mencapai kebutuhan kalium tersebut, konsumsilah makanan selain dari daging ini karena kambing juga mengandung lemak jenuh.

Cegah dan Atasi Anemia

Manfaat daging kambing yang selanjutnya adalah mampu mencegah dan mengatasi anemia atau kekurangan hemoglobin. Daging ini mengandung zat besi yang berfungsi menghasilkan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi kambing dapat membantu mencegah dan mengatasi kekurangan darah sehingga fungsi organ lainnya pun dapat terjaga. Namun, tentunya dalam porsi yang tidak berlebihan, ya.

Mencegah Penyakit Kanker

Daging merah ini kaya akan Conjugated Linoleic Acid atau CLA yang merupakan asam lemak. Asam lemak ini berperan penting untuk mencegah kanker dan meminimalkan risiko peradangan. Kandungan selenium dan klorinnya juga membantu kita terhindari dari penyakit kanker. Selain itu, daging dengan bau khas ini juga memiliki kandungan antiinflamasi, lho.

Menguatkan Imun Tubuh

Dalam cuaca yang berubah-ubah ini, imunitas tubuh yang kuat adalah hal yang harus kita jaga agar bisa terhindar dari penyakit. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi kambing dalam jumlah yang pas. Manfaat daging kambing terhadap imunitas tubuh dibuktikan dengan adanya kandungan protein, vitamin B dan B12, mineral folat dan zinc, hingga asam amino. Nutrisi tersebut memiliki fungsi penting untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Kandungan vitamin B tadi juga bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh. Kemudian vitamin B12 yang ada dalam daging ini bisa menjadi pereda stres dan depresi. Tingginya kalsium pada daging ini pun bisa menjadi cara untuk kita menjaga kesehatan tulang.

Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, manfaat daging kambing yang selanjutnya ternyata bisa menurunkan berat badan, lho, Sobat Djava. Kadar protein dan zat besi dalam daging ini lebih tinggi daripada daging sapi sekalipun dengan kadar kolesterol yang justru lebih rendah dari sapi. Mengonsumsi daging ini dalam jumlah yang tidak berlebihan juga bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan melancarkan metabolisme tubuh.

Semua manfaat tersebut bisa Sobat Djava rasakan dengan catatan mengonsumsi dagingnya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Perhatikan juga cara memasaknya, daging ini sebaiknya tidak kalian olah dengan cara menggoreng atau memadukannya dengan santan. Cukup olah menjadi dengan cara dibakar, panggang, atau menjadi olahan sup bersama sayuran lainnya.

Itulah 5 manfaat daging kambing untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. Pada perayaan Idul Adha ini, kamu bisa memasukkan menu daging kambing untuk kamu santap bersama keluarga. Namun, pastikan tidak dalam jumlah yang yang berlebihan dan cara mengolahnya pun tepat, ya! Selamat Hari Raya Idul Adha, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya