Selasa, Mei 28, 2024

Makanan Pemicu Munculnya Jerawat, Tak Hanya Gula

Makanan pemicu munculnya jerawat harus dihindari agar wajah tetap mulus. Mencegah jerawat muncul memang tidak cukup dengan skincare, karena pola makan dan kebiasaan kita sehari-hari akan berpengaruh pada kondisi kulit. Maka dari itu makanan yang tidak sehat harus dihindari agar kulit terhindar dari jerawat.

Jerawat memang masalah kulit yang paling mengganggu. Selain kondisi peradangan yang menimbulkan rasa perih, bekas yang ditinggalkan jerawat juga susah hilang. Bekas jerawat bisa berupa noda gelap atau kerusakan struktur kulit yang disebut bopeng. Agar hal demikian tidak terjadi, yuk hindari daftar makanan di bawah ini.

Makanan Pemicu Munculnya Jerawat

Agar jerawat tidak muncul di wajah, ada beberapa makanan yang perlu dihindari. Makanan tersebut bisa saja kita temui setiap hari, namun sebaiknya tidak dikonsumsi agar jerawat tidak muncul. Bagi beberapa orang, pantangan makanan ini adalah godaan yang sulit ditolak.

Makanan Tinggi Gula

Makanan pemicu munculnya jerawat yang pertama adalah makanan dengan tinggi gula. Menurut thedermspecs.com, kandungan gula pada makanan bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini terjadi karena makanan tinggi gula menyebabkan kadar insulin pada tubuh melonjak drastis, sehingga memicu jerawat muncul di permukaan kulit.

Akibat kelebihan insulin, produksi minyak di kulit jadi meningkat. Tak hanya itu, rambut dan kulit kepala juga cenderung berminyak. Kondisi tersebut mendukung bakteri untuk berkembang biak, sehingga tak heran jika mudah timbul jerawat. Menghindari konsumsi gula tak hanya baik untuk kulit, tapi juga untuk kesehatan tubuh menyeluruh.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif dan Mudah

Agar jerawat tidak mudah muncul, mari konsumsi gula secara wajar. Makanan tinggi gula yang perlu kita batasi adalah kue, es krim, dan soft drink. Konsumsi makanan tinggi gula sewajarnya saja agar tidak memicu timbulnya jerawat.

Aneka Coklat

Coklat bisa dibilang jadi makanan favorit, karena disukai oleh orang dari segala usia. Tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi coklat, dampaknya kurang baik bagi kesehatan terutama kulit. Hal ini disebabkan karena coklat yang kita konsumsi telah diformulasi dengan susu dan gula, sehingga menjadi makanan pemicu munculnya jerawat.

Sebenarnya biji kakao yang menjadi bahan pembuatan coklat mengandung banyak vitamin yang baik bagi kulit. Tetapi karena sudah tercampur susu dan gula, coklat menjadi penyebab jerawat. Meskipun coklat memiliki rasa yang enak, manis, dan legit tapi demi kesehatan kulit kita harus mulai membatasi konsumsinya.

Umumnya coklat dijadikan hidangan penutup setelah makan malam. Kandungannya akan lebih bagus jika memilih dark chocolate karena masih berupa biji kakao murni tanpa campuran gula dan susu. Dark chocolate juga cocok dijadikan cemilan di sore hari atau setelah berolahraga.

Makanan Cepat Saji

Makanan pemicu munculnya jerawat yang terakhir adalah fast food. Kentang goreng, burger, dan hotdog memang menggiurkan terlebih lagi ketika lapar. Proses penyajiannya yang tidak lebih dari lima menit membuat orang-orang suka mengkonsumsi makanan cepat saji. Tetapi konsumsi makanan cepat saji tidak baik bagi kulit wajah.

Alasannya karena makanan cepat saji mengandung minyak yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan gula darah. Sehingga memicu kemunculan jerawat di wajah. Alih-alih mengkonsumsi makanan cepat saji, sudah saatnya kita memperbanyak sayuran dan buah-buahan untuk menambah sistem imun. (Dewi/Djavatoday)

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya