Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Cara Efektif Menjaga Skin Barrier Agar Tidak Rusak dan Tampak Sehat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Menjaga skin barrier dengan memastikannya tetap sehat sangatlah penting, kamu harus segera mengatasinya apabila terjadi kerusakan. Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang berisiko pada keluhan-keluhan seperti kulit kering, kusam, dan kasar. Wajib untuk diketahui, berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, beruntusan, iritasi, infeksi, akan rentan terjadi apabila skin barrier kamu rusak. Maka penting untuk mencari tahu apa saja yang perlu dihindari untuk menjaga skin barrier agar tidak rusak dan tampak sehat.

Menjaga skin barrier tentunya merupakan hal yang diharuskan. Tapi sebelum itu, kenali dulu penyebab rusaknya sehingga kamu akan mudah memperbaiki kesalahannya. Maraknya produk-produk kecantikan membuat beberapa orang semakin semangat merawat diri, namun terkadang, antusias itulah yang membuat kita mengalami berbagai jenis permasalahan kulit. Contohnya seperti ketagihan eksfoliasi karena efeknya yang tampak nyata. Selain itu, rusaknya skin barrier juga bisa disebabkan oleh suhu yang begitu kering, menyepelekan penggunaan lotion, atau terlalu sering memakai produk dengan kandungan pewangi, SLS, bahkan alkohol.

Menjaga Skin Barrier untuk Melindungi Kulitmu dari Kerusakan

Setelah mengetahui keluhannya, kamu juga harus tahu tips-tips menjaga skin barrier secara efektif agar tidak rusak dan tampak sehat. Berikut penjelasannya!

Lakukan eksfoliasi secukupnya

Apabila tidak melakukan eksfoliasi, wajah menjadi kusam akibat sel-sel kulit mati yang dibiarkan menumpuk serta pori-pori akan tersumbat. Namun, terlalu sering eksfoliasi juga bisa bikin skin barrier kamu rusak, lho. Maka lakukanlah secukupnya sesuai dengan apa yang dianjurkan.

Rutin pakai pelembap

Menjaga skin barrier tentu harus berlandaskan dengan penggunaan produk perawatan kulit yang nantinya akan menjadi rutinitas. Gunakanlah pelembap terbaik yang memiliki fungsi untuk mengikat serta meningkatkan air pada kulit. Kandungan-kandungan yang ada di dalam pelembap sangatlah bermanfaat karena dapat melembutkan kulit dengan cepat, asal kamu memakainya dengan teratur dan sesuai anjuran. Berbeda dengan produk eksfoliasi, kamu justru disarankan mengaplikasikan pelembap setiap hari supaya kulit wajah terasa lebih kuat dan tampak sehat.

Gunakan pembersih kulit yang lembut

Membersihkan kulit adalah kebiasaan yang harus selalu diterapkan guna memusnahkan sisa-sisa kotoran dan debu yang menempel pada kulit. Nah, untuk tetap menjaga kesehatan kulit, pilihlah pembersih wajah yang lembut sekaligus bisa menghidrasi, sehingga wajar terasa lebih segar!

Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Apabila beraktivitas di luar ruangan, sebisa mungkin tetap lindungilah kulit kamu dengan menggunakan baju lengan panjang. Kamu juga bisa mengenakan topi agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Dan hal wajib yang tidak boleh kamu lupakan adalah memakai tabir surya karena dipercaya dapat melindungi kulitmu dari sinar matahari. 

Cukupi asupan nutrisi

Perawatan saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan kulit. Kamu juga harus banyak-banyak mengonsumsi sayuran hijau, biasakan minum air putih, makan buah dan kacang-kacangan. Ayok jaga pola makan kamu dan penuhi kebutuhan nutrisimu! 

5 cara efektif menjaga skin barrier di atas bisa kamu ikuti untuk mendapatkan kulit yang cantik dan terawat. Stop bermalas-malasan dan keluarlah dari zona nyaman. Kulitmu butuh diperhatikan secara konsisten, maka imbalannya akan maksimal. (Karin/Djavatoday) 

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya