Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kesalahan Dalam Penggunaan Skincare yang Tanpa Sadar Dilakukan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Untuk mendapatkan wajah yang bersih dan dan lebih cerah, hindari kesalahan dalam penggunaan skincare. Namun terkadang sebagian orang ingin mendapatkan hasil maksimal dengan instan hingga tanpa disadari melakukan cara yang tidak tepat dalam penggunaan skincare.

Tips Menghindari Kesalahan dalam Penggunaan Skincare

1. Mencuci muka terlalu agresif dan lama

Mencuci muka adalah tahapan pertama saat kita membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran dan minyak yang menempel di wajah. Namun terkadang sebagian orang melakukan tahapan ini dengan menggosok terlalu kasar dengan maksud agar lebih bersih. Hal ini nyatanya salah.

Kotoran memang terangkat namun karena perlakuan yang kasar itu dapat merusak skin barrier kulit wajah kita. Skin barrier berfungsi untuk melindungi wajah dari faktor eksternal yang merusak kulit namun juga untuk menjaga kandungan air dan kelembaban alami kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Oleh karena itu, Anda harus melakukannya dengan lembut. mencuci muka menggunakan 3 jari, yaitu kelingking, jari manis dan jari tengah. Mencuci muka dilakukan tidak lebih dari 2 menit dan sehari cukup dua kali.

2. Pakai terlalu banyak produk skincare

Demi mendapatkan kulit yang glowing, banyak yang menggunakan produk kecantikan berlapis-lapis. Hal ini merupakan kesalahan dalam penggunaan skincare. Karena sebenarnya kulit wajah kita hanya mampu menyerap 4 ‘layer’ pemakaian produk kecantikan. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengenali apa masalah dan kebutuhan kulit wajah anda sebelum memutuskan membeli suatu produk kecantikan.

3. Penggunaan kapas/cleansing wipes/handuk terlalu kuat

Penggunaan kapas/cleansing wipes/handuk yang terlalu kuat dapat merusak struktur kulit wajah kita yang membuat kulit menjadi sensitif. Untuk itu penting sekali bagi anda memilih kapas wajah yang tipis dan permukaannya lembut dan basahi seluruh kapas dengan micellar water lalu aplikasikan dengan lembut. ‘Cleans Agent’ yang ada pada micellar water akan membersihkan secara optimal hingga anda tidak perlu menggosok terlalu kuat.

Baca Juga: Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Obat Alami Untuk Meredakan Flu

Untuk membersihkan sisa-sisa make up waterproof/oilproof, anda hanya perlu menempelkan kapas yg sudah dibasahi dengan micellar water pada wajah anda selama beberapa saat lalu sapukan dengan lembut. Untuk penggunaan handuk, pastikan anda memakai handuk yang berbeda dengan handuk badan. Anda hanya perlu men-tap-tap wajah anda sampai kering.

4. Melupakan leher

Hal ini pasti sering dilupakan dalam penggunaan skincare. Dibandingkan dengan wajah, leher memang lebih jarang berjerawat karena kulit leher tidak memproduksi minyak sebanyak kulit wajah. Namun, kulit leher juga memerlukan perawatan yang sama dengan wajah.

Kandungan minyak yang sedikit pada kulit leher membuat area tersebut mudah sekali mengalami penuaan dengan munculnya kerutan-kerutan. Oleh karena itu penggunaan skincare pada leher juga perlu.

5. Mencuci muka sebelum mandi

Hal ini terdengar sepele, tapi ini salah. Komposisi yang ada pada busa sabun, sampo yang tertinggal di wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Anda dapat mengganti step mencuci muka menjadi step terakhir setelah anda mandi untuk membersihkan sisa-sisa sabun, sampo atau pasta gigi yang mungkin tertinggal di wajah anda.

6. Melewati pemakaian Sunscreen

Sinar matahari yang terkena pada kulit kita terus menerus dapat mengakibatkan pewarnaan pada kulit kita semakin kuat. Hal ini dapat mengakibatkan masalah kulit seperti timbulnya jerawat, kulit kusam, timbulnya flek hitam pada wajah dan mempercepat penuaan. Pemakaian Sunscreen sangat diperlukan untuk menjaga kulit dari efek paparan sinar matahari.

7. Penggunaan Make up tebal untuk menutupi jerawat

Ini adalah cara yang salah. Penggunaan make up yang tebal pada kulit wajah dapat menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan masalah baru pada jerawat yang tak kunjung sembuh dan malah makin meradang. Oleh karena itu penggunaan riasan seminimal mungkin selama anda berjerawat namun, jika anda harus menggunakan riasan pilihlah BB Cream karena komposisinya lebih ringan daripada foundation.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kesalahan dalam penggunaan skincare yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Alangkah baiknya anda mengetahui dulu jenis kulit anda dan produk apa yang tepat untuk mempercantik dan merawat kulit wajah anda. (Dewi/Djavatoday)

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Manfaat Minum Air Kelapa secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum air kelapa cukup banyak dan beragam. Dalam segi kesehatan, air kelapa dipercaya mampu menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Air...

8 Manfaat Mengonsumsi Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi singkong rebus dapat meningkatkan stamina karena kandungan karbohidratnya yang melimpah. Selain rasanya yang enak, singkong merupakan sumber serat yang bisa menjadi pengganti nasi....

Terpopuler

Lainnya