Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya, jamu yang merupakan olahan dari rempah-rempah dan tanaman tradisional bisa membantu kamu menjalani aktivitas dengan kondisi tubuh yang sehat.

Pentingnya minum jamu sering disepelekan seiring berkembangnya zaman. Ketertarikan masyarakat terhadap obat herbal kian menurun. Padahal khasiatnya nggak main-main lho, Sobat Djava! Dengan rempah-rempah yang mudah ditemukan dan telah teruji manfaatnya, kamu akan merasakan hasilnya secara maksimal apabila jamu yang kamu konsumsi melalui tahap pengolahan yang benar. Mau tahu seberapa pentingnya minum jamu? Yuk, simak penjelasannya!

Pentingnya Minum Jamu untuk Kesehatan

Kerap kali, badan masih muda tapi rasanya sudah jompo. Kadang beraktivitasnya sebentar, tapi pegal-pegalnya seharian. Kalau sudah begini, tandanya kamu harus menjaga kondisi tubuhmu dengan meminum jamu guna membuat badan senantiasa merasa kuat. Berikut merupakan sederet informasi tentang manfaat yang akan kamu rasakan usai mengonsumsi jamu.

Meningkatkan imunitas

Apabila tidak mendapatkan imunisasi yang cukup, tubuh akan mudah jatuh sakit. Hal ini kadang pula disebabkan oleh pengaruh cuaca yang gemar kali berganti-ganti. Di saat-saat seperti ini, kamu dianjurkan banget nih, buat minum jamu. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terjangkit, kamu bisa mengonsumsi racikan jamu yang mengandung jahe karena bagus untuk imunitas.

Mengurangi rasa sakit

Pentingnya minum jamu tidak hanya diperuntukkan kepada orang-orang dengan usia lanjut. Kamu yang masih muda juga disarankan rutin minum jamu untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasi pegal linu. Banyak jenis jamu yang dapat dikonsumsi, dan untuk meminimalisir rasa sakit yang tengah kamu alami, pilihlah jamu yang mengandung temu lawak dan kencur. 

Mengurangi rasa mual dan sakit perut saat menstruasi

Selain memberi rasa hangat usai dikonsumsi, jamu yang mengandung jahe juga bermanfaat dalam mengatasi sendi hingga mampu mengurangi rasa sakit, terutama saat seseorang mual atau sedang menstruasi. Rempah-rempah yang sejak dulu acapkali dijadikan bahan baku dalam pembuatan jamu ini memiliki banyak sekali senyawa yang penting untuk kesehatan tubuh. 

Obat asam urat

Bahan-bahan yang mengandung tanin, kurkumin, dan antioksidan flavonoid, secara saintifik dipercaya dapat mengatasi asam urat (hiperurisemia). Untuk hasil yang optimal, kamu bisa minum campuran daun kepel, secang, tempuyung, temu lawak, kunyit, dan juga meniran. 

Meningkatkan gairah makan anak

Selain baik untuk kesehatan, jamu bisa jadi alternatif buat Moms yang butuh tips untuk meningkatkan nafsu makan anak. Merupakan hal yang sudah populer, jamu berbahan dasar temu lawak tidak hanya dapat meningkatkan gairah makan pada anak, tapi juga memiliki sifat antibakteri. 

Demikianlah beberapa manfaat minum jamu yang penting bagi kesehatan. Sebisa mungkin, hindarilah jamu yang memiliki bahan pengawet dan zat-zat kimia. (Karin/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya