Sabtu, Juli 20, 2024

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara mengatasi supaya jerawat bisa hilang tanpa meninggalkan bekas. Sebab keberadaannya membuat rasa percaya diri kian menipis, apalagi kalau yang muncul bukan hanya satu.

Cara mengatasi jerawat perlu dilakukan secara benar dan sesuai dengan apa yang diinstruksikan. Biasanya, jerawat disebabkan oleh tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Jerawat juga bisa disebabkan oleh stres atau emosi yang tidak terkendali. Supaya tidak berjerawat, kamu harus mencuci muka secara teratur dan hindari menyentuh area wajah terus menerus. Nah! Buat sobat yang lagi risi karena berjerawat dan ingin cepat-cepat mengatasinya, yuk ikuti secebis tips di bawah ini!

Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar, Jangan Asal Pencet!

Risi dengan jerawat di wajah yang tak kunjung mengempis? Jangan dipencet! Temukan solusi mengatasi jerawat secara alami di bawah ini yang bisa kamu coba di rumah!

Gunakan cuka apel

Cara mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang mengandung senyawa anti bakteri, salah satunya ialah cuka apel. Kamu harus mencampurkan satu sendok cuka apel dengan dua sampai tiga sendok air bersih. Lalu tuangkan sedikit campuran tersebut ke permukaan kapas, baru kemudian oleskan ke kulit yang berjerawat. Sebelum mengaplikasikannya, jangan lupa cuci muka dan keringkan wajah terlebih dahulu.

Masker madu dan oatmeal 

Madu memiliki khasiat yang dipercaya ampuh membantu proses menghilangkan jerawat. Sama seperti cuka apel, madu juga memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencampurkan madu dengan oatmeal dan menjadikannya masker wajah. Atau dengan bahan-bahan alami lainnya seperti pisang dan perasan lemon.

Teh hijau

Kini, sudah cukup banyak produk kecantikan yang di dalamnya terdapat campuran teh hijau. Green tea atau teh hijau memiliki kandungan vitamin C yang efektif untuk menyembuhkan kulit berjerawat. Kamu bisa meminumnya langsung atau mengaplikasikannya ke wajah.

Mentimun

Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah menggunakan mentimun sebagai masker wajah. Eits! Jangan salah! Bukan hanya efektif menghilangkan kantung mata, mentimun juga bisa mengatasi jerawat lho, berkat vitamin C dan asam folat yang terkandung di dalamnya. Alih-alih perih, mentimun justru akan membuat kulitmu terasa segar begitu diaplikasikan ke wajah.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri sekaligus anti inflamasi yang bisa mengatasi jerawat. Tanpa harus berlebihan, cukup gunakan gel lidah buaya sewajarnya saja pada saat mengaplikasikannya ke area wajah sebagai masker. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air.

Meskipun bahan-bahan di atas merupakan zat alami, tetap waspadai penggunaannya. Jangan lupa selalu cek kondisi kulit wajah setelah mengaplikasikannya. Semoga tips di atas dapat membantu! (Karin/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya