Minggu, Oktober 17, 2021

Dampak Tidak Mandi Sore Hari Terhadap Kesehatan, Yuk Simak

Dampak tidak mandi sore biasanya mengarah pada hal-hal yang negatif, terutama dalam hal kesehatan. Kamu mungkin sering bermalas-malasan mandi di sore hari karena dingin atau lelah setelah beraktivitas. Namun, ternyata itu bisa berdampak pada kesehatan, lho! Mandi saat pagi hari saja ternyata tidak cukup, Sobat Djava. 

Bahkan, di luar negeri seperti Jepang dna Korea, mereka memilih untuk mandi di sore hari atau malam sebelum tidur. Hal tersebut agar tubuh bersih dan rileks sebelum beristirahat. Di pagi harinya, mereka hanya akan cuci muka dan gosok gigi saja. Kebiasaan ini sebenarnya bagus dan bisa menghindarkan kita dari berbagai dampak negatifnya.

Dampak Tidak Mandi Sore

Baca juga:

Untuk kamu yang malas melakukan mandi sore apalagi setelah beraktivitas, kamu wajib menyimak penjelasan berikut ini.

Kulit Gatal dan Susah Tidur

Dampak tidak mandi sore yang pertama adalah gatal-gatal pada kulit dan susah tidur. Pada siang hari, biasanya manusia begitu produktif melakukan berbagai kesibukan. Hal tersebut membuat seseorang terkontaminasi dengan berbagai debu, kotoran, dan kuman. Kotoran dan kuman tersebut akan menempel pada tubuh sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit dan susah tidur.

Untuk itu, kamu harus mandi sore atau malam sebelum tidur untuk membersihkan kotoran dan kuman tersebut. Dengan demikian, kamu tak perlu merasakan gatal-gatal dan susah tidur. Jika kebiasaan tidak mandi sore tetap dilakukan, ini bisa berdampak pada gangguan kesehatan yang lainnya.

Kotoran Menempel Lebih Lama

Dampak tidak mandi sore yang kedua adalah kotoran yang menempel lebih lama. Aktivitas yang kita lakukan dari pagi hari hingga sore hari membuat tubuh mengeluarkan keringat. Selain itu, kotoran dan kuman pun akan menempel pada tubuh. 

Kamu harus mandi sore untuk menghilangkan kotoran tersebut. Jangan sampai kotoran menempel lebih lama.

Bau Badan

Dampak tidak mandi sore yang ketiga adalah kamu akan mudah mengalami bau badan. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada tubuh yang berasal dari aktivitas kita sehari-hari. Lamanya waktu dari pagi hingga petang membuat keringat makin banyak dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Jangan dianggap sepele, bau badan bisa membuat orang disekelilingmu tidak nyaman, lho.

Suhu Tubuh Meningkat

Aktivitas yang kamu lakukan dari pagi hingga petang akan membuat suhu tubuh meningkat. Apalagi jika kamu sering terpapar sinar matahari dan melakukan pekerjaan yang berat. Suhu tubuhmu bisa menjadi tinggi dan berakibat pada gangguan kesehatan. Di antaranya adalah kamu bisa mengalami mimisan, jadi rajinlah mandi sore, ya!

Tubuh Menjadi Lesu

Orang yang mandi sore akan merasakan kesegaran dan menjadi lebih bersemangat. Tubuh terasa nyaman karena bersih dan segar. Berbeda dengan orang yang tidak mandi sore. 

Biasanya mereka cenderung lesu karena kotoran dan bakteri yang menempel pada tubuhnya mengganggu kesehatannya. Orang yang tidak mandi sore atau malam pun akan terasa tidak nyaman dan bisa badmood seharian. So, rajin mandi sore, ya agar tidak merasakan dampak tidak mandj sore yang satu ini.

Mudah Stress dan Depresi

Dampak tidak mandi sore yang lebih parah adalah kamu bisa mudah mengalami stress dan depresi. Mengapa? Karena stress dan depresi diakibatkan oleh saraf dan otot yang menegang. Salah satunya disebabkan karena kelelahan setelah beraktivitas seharian. Solusinya adalah kamu harus mandi sore agar tubuh menjadi fresh dan rileks sehingga terhindar dari stress dan depresi. 

Jika kamu tidak mandi sore, kamu bisa rentan mengalami stress apalagi jika kamu sedang banyak masalah. 

Banyak yang bilang bahwa mandi sore atau malam hari bisa membuat kita terserang reumatik. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuat mitos tersebut menjadi fakta. Sebaliknya, mandi sore bisa membuat kamu terhindar dari beberapa dampak tidak mandi sore terhadap kesehatan di atas. Jika takut terserang flu, kamu bisa mandi dengan menggunakan air hangat kuku.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU