Selasa, Juni 25, 2024

Cara Mengatasi Badan Lemas, Bisa Cepat Kembali Beraktivitas!

Cara mengatasi badan lemas agar dapat kembali beraktivitas ternyata cukup mudah untuk Anda lakukan. Badan yang terasa lemas tentu akan menggangu aktivitas sehari-hari Anda karena kekuatan tubuh yang berkurang. Dalam beberapa kasus, badan yang lemas atau asthenia ini disertai dengan tremor dan juga kedutan pada beberapa bagian tubuh. Namun, hal ini dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh sehingga membuat penderitanya hanya bisa berbaring lemah.

Kondisi tubuh yang lemas sebenarnya bisa terjadi karena beberapa faktor, baik psikis maupun fisik. Misalnya seperti stres, depresi, insomnia, flu, kekurangan hemoglobin, tekanan darah rendah, hingga dehidrasi. Bagi Anda yang sedang merasakan asthenia, jangan khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya.

5 Cara Mengatasi Badan Lemas

Berikut beberapa cara mengatasi badan lemas yang bisa Sobat Djava lakukan. Simak selengkapnya, ya!

Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Seimbang

Cara mengatasi badan lemas yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Badan yang lemas bisa terjadi karena asupan makanan yang kurang bergizi sehingga dapat menyebabkan rendahnya hemoglobin. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Makanan yang mengandung serat juga penting agar energi dalam tubuh cepat meningkat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan yang sehat. Jangan berlebihan mengonsumsi kafein dan makanan yang mengandung gula. Makanan yang mengandung gula memang dapat menambah energi, tetapi jika dalam jumlah yang banyak hanya akan menghasilkan energi yang singkat. Energi yang singkat tersebut pada akhirnya akan menimbulkan efek kelelahan.

Tidur Teratur dan Berkualitas

Cara mengatasi badan lemas yang selanjutnya adalah dengan tidur teratur dan berkualitas. Jam tidur yang cukup akan membantu Anda menjaga tingkat energi sepanjang hari. Hindari tidur larut atau begadang serta aturlah kenyamanan kamar dengan suhu ruangan yang sesuai. Untuk kualitas tidur atau istirahat yang lebih optimal, cobalah untuk meditasi terlebih dahulu sebelum tidur.

Rajin Olahraga

Melakukan peregangan setiap hari dengan rutin sebelum memulai aktivitas dapat menambah energi dan melancarkan sirkulasi darah. Peregangan sederhana juga akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Apalagi jika Anda merutinkan berolahraga setiap hari, misalnya dengan lari atau joging. Dengan begitu, tubuh akan lebih aktif bergerak.

Dengan berolahraga juga akan membuat Anda lebih optimal dalam istirahat atau tidur. Olahraga dapat membuat otot menjadi lebih rileks sehingga menciptakan rasa tenang. Beberapa macam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ketenangan adalah yoga.

Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi badan lemas yang selanjutnya adalah dengan meminum banyak air putih setiap hari. Salah satu penyebab badan menjadi lemas adalah karena dehidrasi sehingga penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh mampu bekerja dengan lebih optimal dan seimbang. Ingatlah untuk mengurangi asupan minuman berkafein, minuman soda, dan minuman manis lainnya.

Jangan Stres

Strea atau bahkan depresi termasuk dalam penyebab seseorang mengalami badan yang lemas. Pengelolaan stres yang baik akan mampu menjaga energi fisik dan psikis sepanjang hari. Cobalah untuk tidak stres dan melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda senang. Anda bisa memulainya dengan rileks, rutin melatih pernapasan, dan berlatih mindfulness untuk menjaga kesehatan psikis.

Nah, itulah lima cara mengatasi badan lemas yang bisa Anda lakukan dengan rutin. Kelima hal tersebut harus Anda biasakan agar tubuh tetap sehat sehingga energi bisa tetap optimal. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan pola hidup teratur agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga. Namun, jika badan terasa sangat lemas hingga menimbulkan gejala lain seperti demam, pusing, hingga muntah, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter, ya! (Rismawati/Djavatoday)

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya