Senin, Juli 15, 2024

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal, kamu tidak harus selalu melakukan diet ketat, lho. Kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan rendah kalori dengan kandungan gizi yang baik agar tubuh tetap sehat.

Kalori memang baik untuk tubuh, tetapi jika tubuhmu terlalu banyak menyimpan kalori akan menyebabkan gangguan kesehatan. Kandungan kalori yang berlebihan juga bisa membuatmu lebih mudah gemuk. Untuk itu, penting untuk memperhatikan asupan kalori yang baik dalam jumlah yang seimbang.

8 Makanan Rendah Kalori

Berikut kami sajikan beberapa makanan rendah kalori yang bisa menjadi alternatif diet sehatmu.

Selada Bokor

Salah satu makanan dengan kandungan kalori yang rendah adalah selada atau biasa masyarakat sebut dengan selada bokor. Dalam 100 gram selada, hanya terkandung kalori sekitar 15 kalori saja sehingga sayuran ini cocok menjadi menu diet sehatmu. Selada merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, dan mangan. Sayuran yang satu ini pun bermanfaat untuk menyehatkan jantung menghidrasi kulit, menurunkan berat badan, menguatkan tulang, hingga mencegah kanker.

Bayam

Makanan rendah kalori lainnya adalah bayam yang hanya mengandung sekitar 23 kalori per 100 gramnya. Selain itu, sayuran yang sering diolah menjadi sayur bening ini mengandung protein, karbohidrat, kalium, serat, magnesium, hingga zat besi. Kandungan tersebut tentu baik untuk tubuh.

Bayam bermanfaat bagi penderita anemia dan mampu mengatasi peradangan pada tubuh. Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol gula darah, hingga mencegah osteoporosis. Bayam juga baik untuk kesehatan bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, hingga lansia.

Timun

Makanan rendah kalori berikutnya adalah timun yang hanya mengandung 16 kalori oer 100 gramnya. Timun biasanya menjadi lalapan yang masyarakat santap bersama sambal. Sayuran berbentuk lonjong ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, mineral, dan vitamin. Manfaat mengonsumsi timun di antaranya bisa melancarkan peredaran darah, menjaga kolesterol, merangsang buang air kecil, dan baik untuk tulang.

Pakcoy

Sayuran yang mirip dengan sawi ini ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah, hanya 13 kalori per 100 gramnya. Pakcoy bisa kamu konsumsi dengan cara menumisnya menggunakan saus tiram atau kamu jadikan lalapan. Mengonsumsi pakcoy bisa menjaga sistem penglihatan, mencegah infeksi virus, mencegah peradangan, hingga baik untuk jantung. Hal tersebut karena pakcoy mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, hingga magnesium.

Brokoli

Makanan rendah kalori yang selanjutnya adalah brokoli dengan kandungan 38 kalori per 100 gramnya. Sayuran ini juga mengandung protein, serat, vitamin C, lemak, fokat, hingga vitamin K dan karbohidrat. Brokoli ternyata memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membuat awet muda, dan menurunkan kolesterol. Mengonsumsi brokoli juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, hingga mencegah kanker.

Tomat

Per 100 gram tomat hanya mengandung sekitar 20 kalori saja, Sobat Djava. Tomat terkenal dengan kandungannya yang tinggi vitamin C dan vitamin A. Mengonsumsi tomat pun dapat menjaga kesehatan mata, gigi, gusi, mempercepat penyembuhan luka, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi tomat secara langsung, olah menjadi jus, atau menjadikannya bumbu masakan.

Kol

Makanan rendah kalori yang selanjutnya adalah kol dengan kandungan 25 kalori per 100 gramnya. Kamu bisa mengonsumsi kol untuk menurunkan berat badan dengan berbagai olahannya. Perlu kamu tahu bahwa kol mengandung protein, magnesium, kalium, kalsium, serat, folat, mangan, dan berbagai Vita. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah kanker, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan tulang, mengatasi peradangan, dan lainnya.

Sawi Hijau

Mengonsumsi sawi hijau per 100 gramnya hanya mengandung 13 kalori. Selain low kalori, sawi hijau juga mengandung vitamin A dan C, folat, kalium, hingga antioksidan. Sayuran ini pun bermanfaat untuk menguatkan sistem imun, sebagai detoksifikasi, menurunkan kolesterol, baik untuk jantung, dan masih banyak lagi.

Itulah 8 makanan rendah kalori yang bisa menjadi asupanmu untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat. Selamat mencoba, Sobat Djava!

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya