Sabtu, Mei 25, 2024

5 Tips yang Bisa Dilakukan Agar Anak Kuat Puasa Seharian, Yuk Coba Perlahan!

Saat bulan Ramadhan tiba, banyak orang tua yang mulai mengajari anaknya untuk berpuasa sejak kecil. Selain agar terbiasa, puasa memang merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim. Lalu bagaimana tips agar anak kuat puasa seharian?

Hal terpenting yang harus kamu lakukan jika anak ikut puasa untuk pertama kalinya adalah dengan memastikan kesehatan mereka. Hal ini bertujuan agar anak bisa maksimal menjalani ibadah puasa. Yuk coba tips ini agar anak kuat puasa seharian!

Baca juga : 6 Tips Mengatasi Lemas dan Lesu Saat Puasa

Nutrisi terpenuhi saat makan sahur

Asupan nutrisi harian sang anak harus terpenuhi saat makan sahur, karena anak-anak cenderung mudah lemas dibanding orang dewasa ketika menjalani puasa.

Pastikan kamu menyiapkan menu makanan yang kaya akan gizi saat sahur. Menu yang bernutrisi bisa membuat mereka tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari meski sedang berpuasa.

Penuhi kebutuhan protein dan vitamin

Protein dan vitamin sangat penting bagi pertumbuhan anak. Untuk itu, kamu harus memperhatikan kebutuhan protein dan vitamin anak dengan cara menyiapkan menu makanan yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan.

Kamu juga bisa menyiapkan suplemen vitamin tambahan untuk menjaga imunitas anak. Dengan begitu, anak bisa lebih kuat menjalani puasa seharian.

Penuhi cairan tubuh

Selain mencukupi nutrisi harian, pastikan agar anak juga terpenuhi cairan tubuhnya. Hal ini bertujuan agar anak tidak mudah dehidrasi selama berpuasa.

Kamu bisa memenuhi cairan tubuh anak dengan memberikan 2 gelas air putih saat berbuka dan sebelum tidur, dan juga 2 gelas lagi ketika waktu sahur.

Selain dengan minum air putih, cairan tubuh juga bisa dipenuhi oleh makanan berkuah seperti sup atau buah yang mengandung banyak air seperti buah semangka.

Isi kegiatan menarik ketika siang hari

Anak-anak ataupun orang dewasa biasanya merasa lapar dan haus ketika siang hari, apalagi jika cuaca terik. Terlebih jika anak-anak pulang sekolah, mereka akan merasa kelelahan setelah melakukan berbagai kegiatan.

Untuk itu, kamu sebagai orang tua bisa mengalihkan perhatian mereka melalui kegiatan yang positif. Misalnya dengan mengajak anak mengaji atau tidur siang. Dengan begitu waktu mereka akan lebih bermanfaat dan rasa laparnya bisa teralihkan.

Pastikan waktu istirahat anak cukup

Waktu istirahat yang cukup harus dipenuhi agar anak tidak gampang lemas dan merasa lapar saat berpuasa. Biasanya pada bulan Ramadhan, anak cenderung tidur lebih malam di banding hari-hari biasa karena menjalankan shalat tarawih terlebih dahulu.

Selain itu, anak juga harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Untuk itu, agar waktu istirahat mereka tercukupi, kamu bisa mengajak anak untuk tidur siang.

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...

5 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan, Bagus untuk Diet!

Manfaat beras merah gak hanya cocok untuk diet saja loh. Nyatanya bahan makanan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat lain yang dapat berguna...

5 Rekomendasi Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Mulut

Rekomendasi obat kumur kali ini bisa kamu dapatkan secara mudah, baik di online store maupun offline store. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah tersedia...

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan dari Bahan Alami

Minuman pereda sakit tenggorokan bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan alami loh. Bahan alami dinilai lebih aman dibanding dengan produk kemasan yang sudah tercampur...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya