Kamis, Juli 18, 2024

5 Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Setelah jerawatnya sembuh dan hilang, terkadang kita masih dibingungkan dengan permasalahan noda bekas jerawat. Noda yang ditimbulkan dari bekas jerawat ini bisa menganggu penampilan dan membuatmu tidak percaya diri. Lalu bagaimana tips untuk menghilangkan noda bekas jerawat?

Noda kehitaman yang ditimbulkan sering juga disebut Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). PIH ini terjadi karena produksi melanin berlebih yang kemudian menimbulkan inflamasi. PIH umumnya terjadi karena jerawat dan juga paparan sinar matahari.

Baca juga : 8 Rekomendasi Kosmetik yang Halal dan Aman Buatan Lokal

Gunakan non-foaming cleanser

Untuk mengatasi permasalahan noda bekas jerawat, pilihlah sabun muka yang tidak atau mengandung sedikit busa (non-foaming cleanser). Selain itu, gunakan sabun muka yang tidak membuat kulitmu menjadi kering setelah memakainya.

Kamu juga harus menghindari sabun muka yang mengandung wewangian atau fragrance, butiran scrub, deterjen atau Sodium Laury Sulfate (SFS), asam glikolat dan juga asam silsilat.

Gunakan hydrating toner

Hydrating toner berguna untuk menjaga kelembapan agar kulitmu tetap terhidrasi. Setelah mencuci muka kamu bisa gunakan hydrating toner untuk step selanjutnya. Selain untuk melembapkan dan membantu penyerapan skincare pada kulit, hydrating toner juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH dan juga membantu menyamarkan dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Gunakan serum dengan kandungan brightening

Setelah menggunakan toner, step selanjutnya adalah dengan menggunakan serum yang diformulasikan untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Fungsi brightening dalam serum bermanfaat untuk memperlambat produksi melanin dalam kulit.

Serum brightening biasanya memiliki kandungan seperti Vitamin C, Niaciamide, Alpha Arbutin, Kojic Acid atau ekstrak Licorice. Serum brightening bisa digunakan pada area kulit yang terdapat noda bekas jerawat atau pada seluruh permukaan kulit wajah.

Jangan lupa pakai sunscreen

Banyak orang melewatkan step untuk menggunakan sunscreen pada rangkaian skincarenya. Padahal, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV yang bisa mempercepat produksi melanin.

Sunscreen juga berguna untuk mencegah timbulnya flek atau bintik hitam serta mengurangi kekusaman pada wajah. Kamu bisa memakai sunscreen pada step terakhir penggunaan skincare harianmu. Lakukan pada pagi hari dan ulangi setiap 4 jam sekali bila perlu.

Lakukan exfoliate

Exfoliate berguna untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati yang menimbulkan noda kehitaman pada wajah. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan toner berbahan AHA. Lakukan selama minimal 2 minggu untuk menghilangkan noda bekas jerawat. (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya