Minggu, Oktober 17, 2021

5 Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika kondisi tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Seseorang dikatakan mengalami hipertensi bila tekanan darahnya diatas 140/90mmHg. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke bahkan kematian.

Penyakit hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala, namun pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Orang yang mempunyai penyakit hipertensi diharuskan untuk menghindari makanan dan minuman tertentu. Berikut ulasannya

Baca juga:

Baca juga : Rekomendasi Makanan untuk Penderita Covid-19 agar Segera Fit

Makanan asin

Sebagian orang mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang banyak tanpa menyadarinya, padahal kandungan natrium yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Seperti yang terdapat dalam makanan olahan dan cepat saji. Tanpa disadari, makanan tersebut mengandung jumlah natrium berlebih.

Contoh makanan dengan kadar natrium tinggi diantaranya roti, pizza, sandwich, sup kalengan, taco dan potongan daging yang diawetkan.

Makanan manis

Selain menyebabkan diabetes, makanan manis juga dapat menyebabkan penyakit hipertensi terutama pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa makanan yang mengandung kadar fruktosa yang tinggi dapat menaikkan tekanan darah. Contoh makanan tersebut diantanya makanan kemasan, biskuit, selai kacang dan makanan lainnya.

Daging merah

Semakin merah warna daging, maka semakin besar kemungkinan menyebabkan tekanan darah tinggi. Jika kamu mempunyai penyakit hipertensi, sebaiknya batasi konsumsi daging berwarna merah atau bisa juga dengan memilih potongan yang lebih ramping.

Minuman manis, kafein dan alkohol

Minuman manis yang mengandung kadar fruktosa tinggi diantaranya mencangkup minuman soda dan sirup. Sedangkan minuman yang mengandung kafein juga sangat disarankan untuk dihindari bagi penderita hipertensi.

Alkohol juga termasuk minuman yang harus dihindari bagi penderita hipertensi, pasalnya alkohol dapat meningkatkan tekanan darah seseorang dan menyebabkan penyakit jantung.

Lemak jenuh

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh atau lemak trans dapat meningkatkan kolesterol LDL. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Sumber lemak jenuh diantaranya kulit ayam, susu penuh lemak dan mentega. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU