Rabu, Juni 19, 2024

5 Dampak Negatif Telat Makan yang Tidak Boleh Disepelekan

Dampak negatif telat makan dapat dirasakan cepat atau lambat. Kebiasaan telat makan bukanlah suatu hal yang bisa kita anggap wajar. Sebab, jika tubuh terus menerus terlambat menerima asupan makanan maka tubuh akan lebih mudah lemas dan terserang penyakit.

Telat makan tidak hanya berdampak pada kondisi tubuh secara fisik, melainkan juga dapat mengenai kesehatan psikis. Orang yang sering telat makan biasanya memiliki daya ingat yang lebih rendah akibatnya akan sering lupa.

Idealnya tubuh harus menerima asupan makanan tiga kali dalam sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Ketiga waktu makan ini harus tepat waktu agar organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

Dampak Negatif Telat Makan

Berikut dampak negatif telat makan yang harus kamu perhatikan.

Sakit maag

Dampak negatif telat makan yang pertama dan paling sering terjadi adalah sakit maag. Orang yang telat makan mempunyai risiko tinggi terkena maag. Hal ini terjadi karena pada saat tubuh tidak diberikan makanan maka akan membuat asam lambung menjadi menumpuk.

Penumpukan asam lambung dapat menghambat fungsinya sebagai pembunuh kuman penyebab penyakit. Proses pencernaan akan terganggu serta dapat menimbulkan gejala perut kembung, mual, muntah, sampai nyeri pada perut.

Mudah sakit

Makanan memiliki fungsi sebagai pemberi nutrisi pada tubuh. Jika tubuh tidak memiliki asupan nutrisi yang cukup maka tubuh akan mudah sakit. Daya tahan tubuh akan melemah dan tidak cukup kuat untuk melawan infeksi kuman penyebab penyakit.

Sulit berkonsentrasi

Dampak negatif telat makan yang berikutnya yaitu sulit berkonsentrasi. Kebiasaan telat makan akan membuatmu kehilangan bahan bakar yang diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi. Akibatnya kamu akan sulit mengingat hal-hal penting.

Kesulitan dalam berkonsentrasi akan membuat produktivitasmu terganggu. Kinerja kamu akan melambat sehingga kerjaanmu akan menumpuk.

Mudah lelah

Selain mudah sakit, perut yang dibiarkan dalam keadaan kosong akan membuat seseorang mudah merasa lelah. Tubuh manusia terus membakar kalori dan menguraikan zat gizi dalam keadaan tidur sekalipun. Energi-energi ini berasal dari makanan sehingga apabila kamu telat makan maka cadangan energi akan cepat habis karena digunakan terus menerus tanpa adanya penambahan.

Meningkatkan risiko tukak lambung

Dampak negatif telat makan yang terakhir yaitu dapat menaikan risiko tukak lambung. Tukak lambung terjadi akibat adanya luka yang disebabkan oleh iritasi pada lambung. Saat telat makan, asam lambung akan mengikis dinding lambung sehingga dapat menyebabkan luka.

Tukak lambung dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat terlihat secara kasat mata. Di antaranya seperti mual, sakit perut, serta nyeri ulu hati.

Itulah beberapa dampak negatif telat makan yang bisa terjadi pada tubuhmu. Jangan biasakan telat makan jika tidak ingin tubuhmu merasakan hal-hal di atas. (Ume/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya