Rabu, Oktober 27, 2021

10 Makanan untuk Diet Carbo sebagai Pengganti Nasi Super Sehat

Makanan untuk diet carbo sebagai pengganti nasi bisa dijadikan alternatif makanan untuk Anda yang sedang diet. Apa sih yang dimaksud dengan diet carbo? Diet carbo atau diet rendah karbohidrat merupakan upaya diet yang dilakukan dengan membatasi jumlah asupan karbohidrat. Seperti nasi putih, dan makanan dengan karbohidrat tinggi lainnya.

Sebagian asupan karbohidrat yang dibatasi akan digantikan dengan makanan dengan kandungan protein atau lemak sehat. Ini diperlukan guna tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi meskipun sedang melakukan diet. Apa saja rekomendasi makanan pengganti nasi untuk yang sedang diet. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Rekomendasi Makanan untuk Diet Carbo

Baca juga:

Ada banyak jenis makanan untuk diet sebagai pengganti nasi. Bisa berasal dari buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Ubi

Ubi memang termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, kandungan karbohidrat pada nasi dan ubi ternyata berbeda, lho. Karbohidrat pada ubi mengandung lebih sedikit gula dan kaya akan serat. Bahkan ubi yang telah diolah hanya mengandung sekitar 18 hingga 21 persen karbohidrat.

Ubi juga mengandung kalium, provitamin A, dan vitamin C. Minimnya kandungan karbohidrat dan kaya akan vitamin membuat ubi cocok menjadi makanan untuk diet carbo pengganti nasi. Namun, tetap jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Pisang

Untuk membatasi asupan karbohidrat, Anda sebaiknya mengganti nasi dengan pisang yang hanya mengandung 23% karbohidrat. Bahkan di negara-negara lain seperti di Benua Afrika dan Amerika Selatan, pisang dijadikan makanan pokok. 

Jagung

Makanan untuk diet carbo sebagai pengganti nasi yang selanjutnya adalah jagung. Kandungan karbohidratnya tidak sebanyak pada nasi putih. Dari 100 gram jagung hanya terdapat 25 gram karbohidrat. Selain itu, juga terdapat sekitar 3,5 gram protein yang sehat bagi tubuh.

Kentang

Kentang mungkin terkenal dengan kandungan karbohidratnya. Namun, karbohidrat yang terkandung masih dalam batas aman asalkan disesuaikan dengan porsinya. Kentang juga mengandung sumber kalium dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang diet carbo, olah kentang dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun dan rempah.

Oats

Oata merupakan biji-bijian yang terbuat dari gandum utuh. Oats bisa menjadi makanan untuk diet carbo sebagai pengganti nasi. Oats mengandung sekitar 66 persen karbohidrat dan 11 persen serat. Oats juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang super sehat.

Kacang Merah

Makanan yang sering dimasak menjadi sup atau sayur ini kaya akan protein, lho. Kacang merah juga baik untuk Anda yang sedang diet tanpa harus merasa lemas tak bertenaga. Ini karena kacang tanah yang telah dimasak mengandung karbohidrat sekitar 22,8 persen dalam bentuk serat dan pati.

Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari Amerika Selatan. Quinoa memang mengandung karbohidrat yang tinggi, tetapi rendah akan kalori. Biji-bijian ini juga kaya akan protein dan serat. Quinoa cocok dijadikan makanan untuk diet carbo karena tidak mengandung gluten dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Shirataki

Shirataki merupakan makanan yang sebagian besar kandungnya adalah air dan rendah akan kalori. Oleh karena itu, makanan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Buah Bit

Makanan untuk diet Carbo yang selanjutnya adalah buah bit. Buah ini sering ditemui pada salad. Mengonsumsi bit akan membuat Anda kenyang lebih lama karena kandungan seratnya. Bit juga memiliki kandungan nutrisi yang penting seperti vitamin A, vitamin C, hingga inorganic nitrates.

Zucchini

Zucchini merupakan timun Jepang yang mengandung serat dan tidak mengandung gula. Itulah mengapa zucchink baik untuk Anda yang sedang diet. Zucchini biasa dijadikan makanan pengganti nasi yang sehat. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk diet carbo sebagai pengganti nasi. Makanan tersebut dijamin super sehat dan baik untuk tubuh. Ingatlah untuk selalu mengonsumsinya dalam porsi yang cukup, ya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU