Rabu, Oktober 27, 2021

Hari Anak Nasional, Polres Tasikmalaya Resmikan Rumah Ramah Anak

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Peringati hari Anak Nasional Polres Tasikmalaya Polda Jabar resmikan rumah ramah anak di Asrama Polisi (Aspol) Polres Tasikmalaya, Jumat (23/7).

Rumah ini sebagai tempat singgah perlindungan bagi anak yang tengah berhadapan dengan hukum.

Baca juga:

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono menuturkan rumah ini terinspirasi dari anak didik Polres Tasikmalaya, Arul.

Dia sebelumnya tinggal di Mapolres Tasikmalaya. Namun saat ini diberikan tempat di rumah tersebut.

“Ketika anak berhadapan dengan hukum maka harus ada treatment atau perlakuan khusus. Rumah ramah anak bisa menjadi solusinya,” ujarnya.

Kapolres berharap dengan rumah ini bisa membuat anak lebih nyaman, aman, dan terlindungi.

Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan selain sebagai tempat perlindungan anak yang berhadapan dengan hukum, juga sebagai sarana untuk membantu proses pemulihan baik mental maupun psikologis anak.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Tasikmalaya yang sudah menginspirasi dengan adanya rumah ramah anak ini,” katanya.

Menurutnya program inovatif pemerintah daerah senantiasa hadir ditengah kesulitan masyarakat.

“Dengan hadirnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Perempuan Anak di Kabupaten Tasikmalaya diharapkan dapat membantu program perlindungan anak. Di samping dapat menjaga hak anak dan perempuan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto mengatakan hanya Polres Tasikmalaya yang sudah mampu menyediakan rumah ramah anak.

“Semoga ini menjadi ladang pahala bagi semua. Kalau hari ini kita menjaga anak-anak, ke depan anak yang akan menjaga kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tasikmalaya juga menyerahkan 400 bola kepada anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ada di wilayah Tasikmalaya.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Apip Ipan Permadi, Kepala Dinas Sosial, Dewan Mesjid Indonesia, FKUB dan Forum Anak Daerah. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU